Diberikan Selama 3 Bulan, Bansos Ramadhan 2023 Akan Dapat Beras 10 Kg

Perum Bulog ditunjuk pemerintah untuk jadi penyalur bantuan sosial pangan selama Ramadhan 2023, para penerima bansos ini akan mendapat masing-masing beras 10 kg.

Diberikan Selama 3 Bulan, Bansos Ramadhan 2023 Akan Dapat Beras 10 Kg
Bansos Ramadhan 2023 akan dapat beras 10 Kg. Gambar : ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

BaperaNews - Perum Bulog ditunjuk pemerintah untuk menjadi penyalur bantuan sosial pangan selama Ramadhan 2023. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut sebanyak 21,6 juta keluarga penerima manfaat (KPM) akan mendapat masing-masing beras 10 kg.

“Salah satu yang kemarin sudah dibahas sama Pak Presiden, tentang bantuan beras itu kita akan berikan kepada 21,6 juta keluarga, berasnya 10 kg per keluarga, jadi nanti diberikan selama 3 bulan, nanti Bulog yang jadi penyalurnya” tutur Airlangga Hartarto pada Kamis (9/3).

Airlangga Hartarto menyebut bansos Ramadhan 2023 ini tidak hanya berupa beras saja, namun juga ada tambahan bahan pokok pangan lainnya seperti telur dan daging ayam agar bisa dimanfaatkan oleh keluarga miskin yang membutuhkan dan mencegah inflasi mengingat menjelang Ramadhan dan lebaran biasanya ada kenaikan harga bahan pangan.

“Nah, ini yang sedang disiapkan Kementerian Keuangan dan Badan Pangan Nasional (Bapanas), disiapkan juga dalam bentuk daging ayam dan telur, nanti akan diatur. Kalau beras lewat bulog, kalau lainnya lewat ID Food” terangnya.

Baca Juga : Jelang Ramadhan, Pemerintah Akan Beri Bansos Pangan

Bansos Ramadhan 2023 ini rencananya akan diberikan pada keluarga yang masuk Program Keluarga Harapan (PKH) atau mendapat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Bulan Maret ini ada survey tentang kemiskinan, jadi diharapkan bansos ini bisa membantu menahan inflasi agar jumlah kemiskinan di Indonesia tidak meningkat” pungkas Airlangga Hartarto.

Bansos pangan berupa beras, telur, dan daging ayam menjelang Ramadhan ini akan diberikan selama tiga bulan yakni Maret, April, dan Mei 2023. Belum diketahui bagaimana sistem pemberian bansosnya, melalui desa atau akan diserahkan langsung kepada yang berhak menerima.

Diharapkan dengan adanya bansos pangan ini semua warga termasuk warga miskin dan menengah ke bawah bisa tetap menikmati makanan yang berkualitas dan tidak kekurangan pangan mengingat jika terjadi kenaikan harga bahan pangan yang paling terbebani ialah rakyat miskin dan menengah ke bawah.

Kapan Bansos Ramadhan 2023 Dimulai?

Sedangkan tentang tanggal kapan dimulainya pembagian bansos Ramadhan 2023 ini, Airlangga Hartarto belum bisa jelaskan banyak, juga tentang jumlah anggaran yang akan digelontorkan pemerintah, Airlangga Hartarto belum bisa mengungkap secara detail.

Bansos Ramadhan 2023 ini mulai diberikan nantinya akan diumumkan langsung oleh pemerintah dan pejabat Negara terkait.

Baca Juga : Sederhana! Ini Cara Cek Bansos 2023 di Kemensos