Menpora Beri Isyarat, Piala Dunia U-17 Hanya Digelar di Pulau Jawa

Menpora Dito mengisyaratkan Piala Dunia U-17 2023 akan dilaksanakan di stadion-stadion Jawa karena pertimbangan logistik dan transportasi.

Menpora Beri Isyarat, Piala Dunia U-17 Hanya Digelar di Pulau Jawa
Menpora Beri Isyarat, Piala Dunia U-17 Hanya Digelar di Pulau Jawa. Gambar : Raiky/kemenpora.go.id

BaperaNews - Piala Dunia U-17 2023 yang akan berlangsung di Indonesia diyakini hanya digelar di stadion-stadion Pulau Jawa. Tidak ada yang digelar di stadion di luar Pulau Jawa.

Berbeda dengan Piala Dunia U-20 2023 yang sebelumnya Indonesia sempat dipercaya jadi tuan rumahnya namun gagal, salah satu lokasi stadion yang dipakai di Bali. Untuk Piala Dunia U-17 2023 ini, Menpora Dito Ariotedjo mengisyaratkan, ajang hanya akan dilaksanakan di Jawa saja.

Piala Dunia U-17 2023 dilaksanakan pada 10 November-2 Desember 2023. Stadion-stadion terbaik di Indonesia telah dipilih dan masih proses evaluasi oleh FIFA selaku penyelenggaranya.

Sebelumnya salah satu stadion yang diajukan ialah Stadion I Kapten Wayan Dipta Bali dan Stadion Jakabaring Palembang. Namun kedua stadion di luar Jawa tersebut nampaknya tidak akan dipakai. PSSI dan FIFA lebih mengutamakan stadion di Jawa dengan pertimbangak kemudahan transportasi dan logistik selama ajang dilaksanakan. 

Baca Juga : Parkir Stadion JIS Ditambah, Piala Dunia U-17 Bisa Digelar di JIS

“Sepertinya Piala Dunia U-17 2023 hanya akan digelar di Jawa. Kalau dari penjelasan Pak Ketum PSSI Erick Thohir, yang dilihat potensinya Jawa dulu karena kita lihat dari kemudahan sisi transportasi dan logistiknya, begitu” kata Menpora Dito hari Senin (31/7).

Sejumlah stadion yang sebelumnya diajukan PSSI ke FIFA sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 adalah :

  • Stadion Jakabaring Palembang
  • Stadion Gelora Bung Karno Jakarta
  • Stadion Si Jalak Harupat Bandung
  • Stadion Manahan Solo
  • Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya
  • Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali
  • Stadion Pakansari Bogor
  • Jakarta International Stadium (JIS)

FIFA telah lakukan inspeksi pada 4 stadion yakni JIS, Si Jalak Harupat, Gelora Bung Tomo, dan Manahan. Stadion Manahan telah ditetapkan sebagai lokasi semifinal dan final Piala Dunia U-17 2023.

“Kota Solo akan jadi tempat semifinal dan final. Karena itu saya sampaikan kota ini bersejarah. PON pertama dulu di Solo dan sepakbola Piala Dunia U-17 2023 juga di Solo” kata Erick ketika meninjau stadion hari Minggu (23/7).

Kepastian stadion apa saja yang akan dipilih untuk Piala Dunia U-17 2023 apa memang hanya stadion di Jawa yang diutamakan sebagaimana disampaikan Menpora Dito akan disampaikan lebih lanjut usai FIFA dan PSSI mengambil keputusan dan inspeksi selesai dilakukan.

Baca Juga : Jokowi Pantau Proses Seleksi Pemain Timnas untuk Piala Dunia U-17