TNI dan Militer Korea Selatan Sepakat Tingkatkan Kemampuan Prajurit Bersama, Fahd A Rafiq: Upaya Jaga Misi Kedamaian Dunia

TNI dan Militer Korea Selatan telah menandatangani Memorandum of Understanding untuk meningkatkan kemampuan prajurit.

TNI dan Militer Korea Selatan Sepakat Tingkatkan Kemampuan Prajurit Bersama,  Fahd A Rafiq: Upaya Jaga Misi Kedamaian Dunia
TNI dan Militer Korea Selatan Sepakat Tingkatkan Kemampuan Prajurit Bersama, Fahd A Rafiq: Upaya Jaga Misi Kedamaian Dunia. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Indonesia melalui TNI dan Militer Korea Selatan sepakat menjalin kerjasama untuk meningkatkan kemampuan prajurit.

Kesepakatan tersebut ditandai oleh penandatanganan Memorandum of Understanding United Nations Peacekeeping Operations (MOU UN PKO) antara TNI dan ROKAF bertempat di Kementerian Pertahanan Republik Korea, baru-baru ini.

Dalam penandatanganan dilakukan oleh Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI, Mayjen Muhammad Nur Rahmad bersama Director General, International Policy Bureau, MND ROK, Mr. LEE, Seung-Buhm di Kementerian Pertahanan Republik Korea. 

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menanggapi, perihal TNI sepakat menjalin kerjasama untuk meningkatkan kemampuan prajurit dengan Militer Korea Selatan, perjanjian tersebut ditandai oleh penandatanganan MoU yang bertempat di Kementeriaan Pertahanan Republik Korea.

“Indonesia melalui TNI berhasil menjalin kerjasama dengan Militer Korea Selatan, kerjasama itu ditandai oleh penandatanganan MoU antara TNI dan ROKAF yang bertempat di Kementerian Pertahanan Republik Korea, ini merupakan untuk meningkatkan kemampuan prajurit kedua negara, saya mendukung penuh dari kerjasama tersebut, ini merupakan upaya TNI bersama Militer Korea Selatan untuk menjaga situasi kedamaian dunia.” Ujar Fahd A Rafiq (1/8/23).

Fahd A Rafiq juga menambahkan, “Semoga terjalinnya kerjasama untuk meningkatkan kemapuan prajurit ini, dapat menghasilkan dampak positif dan dapat mempererat kedua negara, dan misi menjaga kedamaian dunia terlaksana dengan baik.” Tutup Fahd A Rafiq.

Kegiatan penandatangan MOU UN PKO TNI dan ROKAF tersebut berjalan lancar dan penuh persahabatan. Turut hadir sebagai anggota delegasi Indonesia yaitu Komandan PMPP TNI, Athan RI di Korsel, Paban V Kerkamtas Sops TNI, Paban I Renops Sops TNI, Paban IV Opsdagri Sops TNI dan staf.

Adapun sebagai anggota delegasi Korea yaitu Director International Peace Cooperation Division, Deputy Director Multilateral Security Policy Division dan The Protection of Civilians (POC) Official serta International Peace Cooperation Division. 

Penulis : FNID