Lagunya Dinyanyikan, Ahmad Dhani Unggah Bukti Transfer dari Judika

Ahmad Dhani memuji penyanyi Judika atas ketaatannya dalam membayar royalti sebagai pencipta lagu.

Lagunya Dinyanyikan, Ahmad Dhani Unggah Bukti Transfer dari Judika
Lagunya Dinyanyikan, Ahmad Dhani Unggah Bukti Transfer dari Judika. Gambar : Instagram/ahmaddhaniofficial

BaperaNews - Ahmad Dhani, musisi dan Ketua Dewan Pembina AKSI (Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia), memuji penyanyi Judika atas ketaatannya dalam membayar royalti sebagai pencipta lagu.

Dhani membagikan tangkapan layar bukti percakapannya dengan Judika, yang baru-baru ini membawakan dua lagu Ahmad Dhani dalam sebuah acara.

Dalam keterangan yang disertakan dalam unggahan di akun Instagram resmi @ahmaddhaniofficial, Dhani menyebut Judika sebagai sosok yang taat pada Undang-Undang Hak Cipta.

Dalam tangkapan layar tersebut, terlihat pihak yang mengundang Judika membayar uang sebesar Rp15 juta untuk dua lagu yang dinyanyikan oleh Judika dalam event mereka.

Jumlah nominal tersebut mendapat sorotan dari beberapa netizen yang memberikan beragam komentar terkait pembayaran royalti tersebut.

Baca Juga : Once Ngaku Sakit Hati Usai Dilarang Ahmad Dhani Nyanyikan Lagu Dewa 19

Salah satu komentar dari akun @ezra_pahala menyatakan bahwa nominal tersebut tergolong masuk akal dan tidak terlalu mahal. Ia juga menekankan bahwa membayar royalti sebesar itu menunjukkan penghormatan pada pencipta lagu.

Namun, ada juga komentar yang menyoroti potongan dari Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) yang mungkin diterima oleh Ahmad Dhani.

Sebelumnya, Ahmad Dhani pernah mengkritik kinerja LMKN dan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) terkait pembayaran royalti lagu untuk live event. Kritik Dhani termasuk aspek efisiensi dalam sistem pembayaran royalti tersebut.

Ketua AKSI, Piyu Padi Reborn, juga menyampaikan bahwa direct license dianggap sebagai opsi yang lebih efisien untuk para pencipta lagu dan pengguna karya cipta.

Terlepas dari ketegasan Dhani terkait sistem pembayaran royalti, ia juga pernah menyatakan dukungannya terhadap penyanyi non-profesional dan band-band cafe yang menyanyikan lagu-lagu ciptaannya tanpa membayar royalti.

Baca Juga : Ndhank Surahman Minta Maaf Atas Somasi Lagu Mungkinkah, Ajak Stinky Reborn Kolaborasi