Komodo Akan Hadir di Ragunan Sebagai Koleksi Satwa di 2023

Taman Margasatwa Ragunan akan menghadirkan Komodo sebagai koleksi Satwa di 2023. Komodo itu merupakan bagian dari penukaran satwa dengan Taman Safari Indonesia Bogor.

Komodo Akan Hadir di Ragunan Sebagai Koleksi Satwa di 2023
Komodo Akan Hadir di Taman Margasatwa Ragunan. Gambar : Unsplash.com/Dok. Chandler Cruttenden

BaperaNews - Pada tahun ini, Taman Margasatwa Ragunan akan menghadirkan komodo sebagai satwa baru. Kadal jenis terbesar di dunia ini adalah bagian dari penukaran satwa dengan Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor.

Endah Rumiyati selaku Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan menyampaikan bahwa beberapa jenis binatang lainnya dan sepasang komodo akan hadir di Ragunan. 

“Nanti InsyaAllah akan datang, yakni sepasang komodo dan beberapa jenis binatang lainnya,” ucap Endah Rumiyati. 

Sebagai informasi, pada saat ini sebanyak 2.275 koleksi satwa yang berada di Ragunan, termasuk beberapa jenis endemi Indonesia seperti gajah, orang utan Sumatera dan anoa. Sedangkan koleksi satwa yang berasal dari luar Negeri ialah jerapah dari Afrika. 

Tentu saja, kehadiran komodo di Ragunan ini sangat dinantikan oleh pengunjung, sebab koleksi satwa di Ragunan dari tahun ke tahun sama saja tidak ada yang berubah, sehingga kehadiran komodo di Ragunan ini akan memberikan warna baru di tempat wisata tersebut. 

Pada tahun lalu, Taman Margasatwa Ragunan kedatangan anak gajah dan jerapah yang baru lahir. Kelahiran anak gajah dan jerapah tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh penurunan jumlah pengunjung pada masa pandemi Covid-19 sehingga satwa dapat leluasa untuk beraktivitas. 

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta Batal Diterapkan!

Pada masa pandemi Covid-19, jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan memang benar-benar berkurang dari jumlah biasanya, sehingga satwa dapat hidup lebih sejahtera dan bereproduksi serta banyak lahir karena tidak diganggu. 

Perlu diketahui, berbagai perawat satwa yang hamil tentu menjadi prioritas utama oleh pihak disana, petugas pun sangat memperhatikan asupan konsumsi supaya anak satwa dapat lahir dengan lancar dan sehat. 

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memberikan sebuah nama untuk seekor anak jerapah tersebut yaitu Tazoo dan anak gajah diberi nama Unggul. 

Heru Budi Hartono juga menjelaskan bahwa kedua satwa tersebut memiliki tanggal lahir yang sama, yakni 5 September 2022. Kini, Taman Margasatwa Ragunan telah dihuni oleh 2.275 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon. 

Adapun luas lahan Taman Margasatwa Ragunan sebesar 147 hektar tertata dan sebagian masih dikembangkan untuk menuju suatu kebun binatang yang modern sebagai identitas Kota Jakarta.

Sebagai informasi, kapan komodo ada di Ragunan ini belum diinformasikan secara jelas. Jadi untuk kamu yang ingin mengetahui informasi tentang kapan komodo ada di Ragunan, jangan lupa selalu cek di Instagram Bapera News atau Twitter Bapera News. 

Baca Juga : Mengenal Taman Nasional Komodo, Tempat Dimana Spesies Reptil Purba Hidup