Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta Batal Diterapkan!

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno secara tegas menyampaikan bahwa harga tiket masuk pulau Komodo sebesar Rp 3,75 juta per orang dipastikan batal diterapkan.

Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta Batal Diterapkan!
Harga Tiket Pulau Komodo Batal Naik. Gambar: theworldtravelguy.com

BaperaNews - Harga tiket masuk Taman Nasional Komodo yang dinaikkan menjadi Rp 3,75 juta per orang dipastikan batal diterapkan. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada Kamis (15/12).

Sebelumnya harga tiket masuk pulau Komodo tersebut rencananya diterapkan mulai 1 Januari 2023. “Sudah dibatalkan dan ditarik ya. Tidak ada kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo” tegas Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno tidak menjelaskan alasan lebih rinci tentang pencabutan kenaikan harga tiket masuk pulau Komodo tersebut. Sebelumnya Pemprov NTT mengumumkan akan memberlakukan harga tiket masuk Taman Nasional Komodo tersebut.

Namun, dampaknya membuat para pelaku wisata Labuan Bajo protes, mereka menggelar aksi mogok karena dinilai tarif yang terlalu mahal bisa mengurangi jumlah wisatawan yang akhirnya bisa berpengaruh pada ekonomi warga setempat. Kemudian, kenaikan harga tiket masuk pulau Komodo dinyatakan ditunda. Dan kini dinyatakan batal.

Baca Juga : Tips Liburan Murah Dan Hemat Ke Pulau Komodo

Saat ini harga tiket masuk Taman Nasional Komodo masih sesuai dengan Peraturan Pemerintah 12/2014 tentang Jenis dan Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang diberlakukan Kementerian Kesehatan yakni Rp 150 ribu (Senin – Sabtu) atau Rp 225 ribu (Minggu dan libur nasional) bagi WNA. Sedangkan untuk WNI jauh lebih terjangkau, hanya Rp 5.000 (Senin – Sabtu) atau Rp 7.500 (Minggu dan libur nasional).

Taman Nasional Komodo sendiri memang salah satu wisata andalan Indonesia, begitu diminati turis lokal maupun mancanegara. Keindahan alamnya luar biasa ditambah dengan adanya hewan dilindungi asli Indonesia yang hanya bisa dilihat di Pulau tersebut yakni hewan Komodo.

Ada sejumlah tempat menarik yang bisa dikunjungi selama berwisata ke Taman Nasional Komodo diantaranya Pulau Komodo (melihat komodo, rusa, burung langka, snorkeling, hiking), Pulau Padar (pantai, puncak), Pulau Rinca (kawasan komodo liar namun diawasi petugas berpengalaman selama 24 jam), Pantai Pink (pantai dengan pasir warna merah muda alami), Pulau Kanawa, Pulau Kelor, dan wisata alam menakjubkan lainnya. Tak heran jika Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo ini menjadi salah satu incaran wisatawan untuk berlibur.

Tidak hanya Taman Nasional Komodo, masyarakat sebelumnya juga dikejutkan dengan rencana kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur menjadi Rp 750 ribu bagi WNI dan US$ 100 bagi WNA serta jumlah wisatawan terbatas maksimal 1.200 orang per hari. Karena Diprotes banyak pihak, rencana tersebut akhirnya juga dibatalkan.

Baca Juga : Tak Sembarangan! Wisatawan Naik Ke Candi Borobudur Akan Pakai Sandal Khusus