Instagram Rilis Fitur Pengingat Untuk Menutup Aplikasi

Instagram memperkenalkan fitur yang membatasi aktivitas remaja di malam hari. Simak selengkapnya di sini!

Instagram Rilis Fitur Pengingat Untuk Menutup Aplikasi
Instagram Rilis Fitur Pengingat Untuk Menutup Aplikasi. Gambar : Unsplash/Kenny Eliason

BaperaNews - Instagram, platform media sosial yang berada di bawah naungan Meta, mengumumkan peluncuran fitur baru yang ditujukan khusus untuk remaja. Fitur ini memungkinkan orang tua mengontrol waktu bermain anak-anak mereka di platform Instagram, memberikan peringatan jika anak menghabiskan waktu lebih dari 10 menit di malam hari.

Fitur ini akan secara otomatis muncul di akun remaja, dan jika mereka menggulir layar selama lebih dari 10 menit di malam hari, Instagram akan memberikan peringatan untuk menghentikan aktivitas dan menyarankan mereka untuk beristirahat.

"Dengan peluncuran saran malam hari, kami berharap dapat membantu remaja untuk mengatur waktu bermain mereka di Instagram, terutama pada bagian seperti Reels atau Direct Message di larut malam," ungkap Instagram dalam keterangan resmi.

Ketika fitur ini berfungsi, layar Instagram akan dihentikan dengan tampilan hitam yang memuat pesan, "Hari sudah malam. Pertimbangkan untuk menutup Instagram pada malam hari." Meskipun telah diluncurkan secara bertahap, Instagram belum memberikan informasi detail tentang seberapa sering pesan pengingat ini akan muncul.

Baca Juga: Begini Cara Melihat Username Instagram Sebelumnya

Tentu saja, adanya fitur pengingat ini tidak menjamin bahwa remaja akan patuh terhadap pesan tersebut. Bagi sebagian remaja, pengingat semacam ini mungkin diabaikan, dan mereka dapat melanjutkan aktivitasnya di platform tersebut.

Namun, sebagai langkah lebih lanjut, Instagram merekomendasikan penggunaan fitur pengawasan orang tua yang telah diperkenalkan pada tahun 2022. Melalui fitur tersebut, orang tua dapat menetapkan batasan waktu yang tepat bagi anak-anak mereka dalam menggunakan Instagram.

Dengan fitur pengawasan ini, orang tua juga dapat melihat semua aktivitas yang dilakukan anak-anak mereka di media sosial, termasuk akun yang diikuti atau dilaporkan oleh anak-anak mereka. Sayangnya, hingga saat ini, fitur pengawasan orang tua belum tersedia di semua negara.

Baca Juga: Instagram Rilis Fitur Video Notes, Durasi Video Bisa 2 Detik