Rekrutmen Polri 2024: Terbuka Untuk Penyandang Disabilitas!

Mabes Polri resmi membuka proses rekrutmen Bintara dan SIPSS 2024 untuk penyandang disabilitas. Simak selengkapnya di sini!

Rekrutmen Polri 2024: Terbuka Untuk Penyandang Disabilitas!
Rekrutmen Polri 2024: Terbuka Untuk Penyandang Disabilitas!. Gambar : netralnews.com

BaperaNews - Mabes Polri secara resmi membuka proses rekrutmen Bintara dan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) 2024 khusus untuk para penyandang disabilitas.

Langkah ini diambil sebagai bentuk nyata kesetaraan dan implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 27-29 Tahun 2021.

Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa rekrutmen penyandang disabilitas ini mencakup Bintara untuk tamatan pendidikan SMU dan SMK, serta SIPSS untuk lulusan perguruan tinggi.

Keputusan ini sejalan dengan ketentuan penerimaan penyandang disabilitas fisik yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan Peraturan Kapolri Nomor 10 Tahun 2016 tentang Penerimaan Anggota.

Proses rekrutmen penyandang disabilitas ini dianggap sebagai langkah positif dan konkret untuk mewujudkan kesetaraan di lingkungan kepolisian.

Baca Juga: Polri Membuka Pendaftaran SIPSS 2024, Begini Syarat dan Prosedurnya

Dedi Prasetyo menekankan bahwa para penerima penyandang disabilitas akan ditugaskan pada jabatan yang bersifat nonlapangan. Mulai dari sektor Teknologi Informasi (TI), Siber, Keuangan, Perencanaan, hingga Administrasi.

"Pada penerimaan ASN Polri jalur PPPK Tahun 2023, kita telah menerima 1 orang penyandang disabilitas daksa di Polda Sumsel. Sebagai referensi, negara-negara maju seperti Australia, Amerika Serikat, dan Inggris juga menerima polisi dari golongan disabilitas," ungkapnya.

Proses rekrutmen Bintara 2024 untuk penyandang disabilitas dijadwalkan akan dibuka mulai tanggal 26 Januari hingga 1 Maret 2024. Sebelumnya, pendaftaran untuk sarjana (S1), magister (S2), hingga doktor spesialis telah dibuka pada 8-16 Januari 2024.

Dedi Prasetyo memberikan informasi bahwa pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website resmi Polri di [https://penerimaan.polri.go.id/](https://penerimaan.polri.go.id/). Ini merupakan langkah terbuka bagi para penyandang disabilitas yang memiliki keinginan untuk berkiprah dalam institusi kepolisian.

Baca Juga: Kapolri Listyo Sigit Prabowo Lantik Kakorlantas dan Sejumlah Pejabat Polri Baru