Innalilahi, Istri Habib Rizieq Meninggal Dunia

Jenazah Syarifah Fadlun akan disemayamkan di Pondok Pesantren Markaz Syariah di Megamendung, Bogor. Habib Rizieq Shihab, mengumumkan permintaan maaf atas segala kesalahan yang mungkin dilakukan oleh almarhumah.

Innalilahi, Istri Habib Rizieq Meninggal Dunia
Habib Rizieq bersama istrinya. Gambar: hidayatullah.com

BaperaNews - Istri dari Habib Rizieq Shihab, Syarifah Fadlun bin Yahya, meninggal dunia di kediamannya di Petamburan, Jakarta Barat, pada Sabtu, 16 Desember 2023. Rencananya, jenazah almarhumah akan dimakamkan di Megamendung, Bogor, setelah dishalatkan di rumah duka pada Ahad, 17 Desember 2023, sekitar pukul 07.00 WIB.

Kabar duka ini pertama kali dikonfirmasi oleh Tim Bantuan Hukum dan Juru Bicara Front Persaudaraan Islam (FPI), Aziz Yanuar. "Iya benar (Syarifah Fadlun bin Yahya meninggal dunia) di rumah Petamburan," ucap Aziz Yanuar saat dihubungi pada Sabtu (16/12/2023). Almarhumah akan disemayamkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Markaz Syariah di Megamendung, Bogor, dengan proses pemakaman dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB.

Baca Juga : Profil Syarifah Fadhlun Yahya, Istri Habib Rizieq yang Telah Berpulang

Pengacara Aldwin Rahadian, yang juga suami Fahira Idris, membenarkan informasi tersebut. "Iya benar (istri Habib Rizieq Shihab meninggal dunia). Ini saya mau melayat ke sana," ungkap Aldwin saat dihubungi Republika, Sabtu (16/12/2023). Syarifah Fadlun diketahui memiliki riwayat sakit sejak 2016 dan sempat menjalani perawatan di rumah sakit.

Habib Rizieq Shihab, dalam sebuah kesempatan, meminta dibukakan pintu maaf atas kesalahan yang mungkin dilakukan oleh istrinya, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. "Sekali lagi saya sampaikan mohon maaf, atas nama semua keluarga saya. Saya minta kepada seluruh yang ada di sini, khususnya, kerabat, keluarga, handai taulan kerabat, kalau almarhumah semasa hidupnya ada melakukan kesalahan baik yang kita ketahui maupun tidak kita ketahui," kata Habib Rizieq di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2023).

Karangan Bunga Untuk Kepergian Istri Habib Rizieq

Karangan bunga berisi ucapan dukacita datang dari berbagai tokoh, termasuk Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Mamiek Soeharto, dan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. Situasi di sekitar Jalan Paksi, tempat kediaman Habib Rizieq, dijaga ketat hanya untuk pelayat yang datang memakai baju serba hitam dan putih.

Kondisi kesehatan Syarifah Fadlun diketahui mengalami penurunan sejak lama. "Memang drop, benar lagi sakit," kata Wasekjen PA 212 Novel Bamukmin saat ditemui di rumah duka. Novel mengingatkan bahwa Syarifah sempat bolak-balik ke rumah sakit untuk pengobatan dan tidak dapat mengikuti prosesi pernikahan putrinya pada September lalu hingga tuntas karena sakit.

Meninggalnya istri Habib Rizieq menjadi duka bagi banyak pihak, termasuk jemaah dan kerabat dekat. Bendera kuning terbentang di jalan gang rumah Habib Rizieq, dan pelayat terus berdatangan sejak kabar duka tersebut tersebar. Di antara pelayat yang datang termasuk istri Anies Baswedan, Fery Farhati, dan Novel Bamukmin dari PA 212.

Slamet Maarif, orang dekat Habib Rizieq, mengatakan bahwa jenazah akan disalatkan di Petamburan pada Ahad pagi dan dimakamkan di Megamendung, Bogor, pada pukul 10.00 WIB. Kepergian Syarifah juga meninggalkan kesedihan bagi Habib Rizieq, yang dikenal tegar dan setia mendampingi istrinya di saat-saat terakhir. "Masyaallah kondisi habib tegar. Masih bisa senyum karena memang insyaallah istri beliau bisa dikatakan ahli surga," kata Novel Bamukmin, mengenang almarhumah.

Pengamanan di sekitar Jalan Paksi dilakukan secara ketat untuk memastikan kelancaran prosesi pemakaman. Hanya pelayat yang diperbolehkan memasuki gang depan kediaman Habib Rizieq. Kabar mengenai sakitnya Syarifah sebelumnya pernah disampaikan oleh Habib Rizieq saat acara Munajat Kubro 212, di mana ia harus berhalangan hadir karena menemani istrinya yang tengah terbaring di rumah sakit. 

Kesedihan ini tidak hanya dirasakan oleh keluarga dan kerabat dekat, tetapi juga oleh seluruh jemaah dan simpatisan yang mengenal Syarifah Fadlun. Doa dan harapan agar almarhumah husnul khatimah terus mengalir dari berbagai pihak yang mengenal dan menghormati sosoknya.

Baca Juga : Heboh! Video Warga Berebut Jadi Imam Masjid Berujung Ricuh di Kediri