Ini 3 Juara Terbaik Di Ajang Kopi Spesialty Indonesia 2021

Kontes Kopi Specialty Indonesia 2021 berikan penghargaan bagi juara kontes kopi specialty. Berikut Rincian para juara Kontes Kopi Specialty Indonesia 2021

Ini 3 Juara Terbaik Di Ajang Kopi Spesialty Indonesia 2021
Ilustrasi Kopi. Gambar : Pixabay/@grafmex

BaperaNews - Setidaknya terpilih 3 kopi terbaik nusantara pada ajang bergengsi Kontes Kopi Specialty Indonesia 2021. Acara ini digelar untuk meningkatkan kualitas kopi dalam negeri sehingga semakin mampu untuk bersaing di pasar global.

Menurut penjelasan dari Pranoto Soenarto (Ketua Panitia Kontes Kopi Specialty Indonesia), digelarnya kontes kopi ini mempunyai tujuan agar para petani kopi lebih bersemangat dalam memproduksi kopi dengan kualitas baik, sehingga mampu mendongkrak harga jual kopi itu sendiri.

Dalam ajang bergengsi yang telah diikuti setidaknya 482 peserta itu, ternyata hanya menyisakan 3 juara terbaik. Itupun berasal dari daerah yang berbeda – beda.

“3 pemenang yang berhasil menjuarai Kontes Kopi Specialty Indonesia 2021 ini berasal dari jenis kategori yang berbeda – beda,” tambah Pranoto Soenarto (Ketua Panitia Kontes Kopi Specialty Indonesia)

Rincian juara yang memenangkan Kontes Kopi Specialty Indonesia 2021 antara lain sebagai berikut :

Juara pertama untuk jenis kopi robusta dimenangkan dengan perolehan skor yang didapatkan sebesar 88,63 poin. Pemenangnya bernama Martina Rinasih yang berasal dari daerah Jambu, Semarang, Jawa Tengah.

Kemudian juara pertama untuk jenis kopi Arabica natural dimenangkan dengan perolehan skor yang didapatkan sebesar 89,25 poin. Pemenangnya bernama Sabardi yang berasal dari Linuwih Gayo Coffee, Bandar Bener Meriah, Aceh.

Selanjutnya juara pertama untuk jenis kopi Arabica washed dimenangkan dengan perolehan skor yang didapatkan sebesar 89,83 poin. Pemenangnya bernama Yanto yang berasal dari Gunung Tujuh, Kerinci, Jambi.

Dari pemaparan Pranoto Soenarto (Ketua Panitia Kontes Kopi Specialty Indonesia), ajang bergengsi ini mulanya mulai digelar pada tahun 2008 dan rutin digelar hingga tahun 2021 ini. Pada tahun 2008 silam, kontes kopi ini diprakarsai oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia bersama dengan  Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia.

Rencananya, kontes kopi ini juga akan digelar pada tahun – tahun mendatang. Gelaran kontes kopi pada tahun ini, puncaknya dijadwalkan pada tanggal 21 hingga 22 Oktober 2021. Karena masih dalam kondisi pandemi, gelaran kontes kopi ini pun digelar secara virtual seperti tahun 2020 lalu demi keamanan bersama.

Mengapa kopi di Indonesia mempunyai peluang besar untuk menjadi lebih unggul? Karakteristik lahan yang berbeda – beda menjadikan kopi di Indonesia digemari hingga ke mancanegara.