Ingin Mudik Bawa Hewan Peliharaan di Kereta? Simak Biaya dan Syaratnya!

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengizinkan penumpang membawa hewan peliharaan saat mudik, namun terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Ingin Mudik Bawa Hewan Peliharaan di Kereta? Simak Biaya dan Syaratnya!
Syarat Mudik Bawa Hewan Peliharaan di Kereta. Gambar : Freepik.com

BaperaNews - Punya hewan peliharaan seringkali terasa berat jika ditinggalkan, misalnya di masa mudik atau libur lebaran. Meninggalkan hewan peliharaan kesayangan bersama orang lain atau di penitipan hewan bukan hal yang nyaman untuk semua orang, sebab itu tak jarang pemudik membawa hewan peliharaannya.

Mudik bawa hewan peliharaan bisa dilakukan jika membawa mobil pribadi, namun bagaimana jika mudiknya naik kendaraan umum seperti kereta api?

Nah, Anda tak perlu khawatir, mudik bawa hewan peliharaan di kereta boleh dilakukan. Vice President Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, hewan peliharaan atau binatang tidak boleh dibawa penumpang kereta api di bagasinya. Namun hewan tersebut tetap bisa dibawa dengan ekspeditur khusus yang bekerjasama dengan KAI.

“Pengiriman hewan bisa dengan ekspeditur yang bekerjasama dengan KAI” tutur Joni Minggu (2/4). Fasilitas yang bisa dipakai ialah dengan kereta api logistik. PT Kereta Api Logistik menyediakan layanan pengiriman untuk hewan peliharaan dengan syarat dan ketentuan.

Berikut informasi mengenai biaya, cara mengirim dan syarat mudik bawa hewan peliharaan di kereta yang telah dirangkum oleh Tim Redaksi Bapera News. 

Baca Juga : Ingin Mudik Lebaran Naik Kereta? Yuk Simak Syaratnya!

Syarat Mudik Bawa Hewan Peliharaan di Kereta

  • Periksa kesehatan hewan terlebih dahulu, hewan harus mendapat surat keterangan sehat dari dokter hewan
  • Pakai pet cargo dengan ukuran yang sesuai, hewan harus punya ruang gerak di dalamnya
  • Sediakan makanan dan minuman untuk hewan selama pengiriman
  • Pakai kabel ties di pet cargo untuk pengaman
  • Pengiriman sifatnya no claim

Cara Mengirim dan Mudik Bawa Hewan Peliharaan dengan KA Logistik

  • Datang ke kantor KAI Logistik dan buat pesanan sesuai domisili, tanyakan dulu ketersediaan ruang dan perkiraan jam berangkat kereta
  • Hewan diberangkatkan di hari yang sama dengan waktu ketika dibawa ke stasiun pengiriman alias hewan tidak menginap, hewan yang datang langsung diberangkatkan
  • PT KALOG akan mengepak hewan yang akan dikirim
  • Durasi pengiriman sesuai lokasi tujuan
  • Setelah sampai, hewan harus diambil pemilik di kompleks KA Logistik di kota tujuan

Biaya Mengirim Hewan dengan KA Logistik

Biaya yang ditetapkan sesuai dengan berat hewan dan kandang yang dipakai serta jarak yang ditempuh. Rumusnya ialah PxLxT/4.000, hasilnya akan jadi total timbangan hewan tersebut.

Sedangkan dari sisi jarak untuk Jakarta-Surabaya per 10 kg pertama Rp 100.000, 1 kg berikutnya Rp 5.300. Biaya kota atau rute tujuan lain bisa ditanyakan langsung ketika membeli tiket.

Status hewan peliharaan yang sedang dikirim bisa dicek di www.kalogistics.co.id/tracking atau datang langsung ke kantor KALOGnya.

Baca Juga : Daftar Rute Kereta Api Tambahan Lebaran 2023, 22 Ribu tempat Duduk Per Hari