Heboh! Kades Larang Natal di Riau, Polisi Turun Tangan

Viral beredar sebuah surat edaran yang melarang perayaan Natal dan Tahun Baru di Desa Merbau, Pelalawan, Riau.

Heboh! Kades Larang Natal di Riau, Polisi Turun Tangan
Heboh! Kades Larang Natal di Riau, Polisi Turun Tangan. Gambar : Detik.com

BaperaNews - Sebuah surat edaran yang melarang perayaan Natal dan Tahun Baru di Desa Merbau, Pelalawan, Riau, telah menjadi perhatian masyarakat setelah beredar luas.

Kepala Desa (Kades) Merbau, Kasmiran, menandatangani surat tersebut pada 22 Desember 2023, dan dalam surat itu, terdapat larangan mengumpulkan orang ramai atau mendatangkan orang dari luar desa tanpa izin resmi.

Surat dengan nomor 141/PEM-MB/XII/2023/002 tersebut juga menyatakan bahwa masyarakat yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru di wilayah tersebut harus melapor ke Pemerintahan Desa Merbau, memiliki izin resmi, dan mendapat persetujuan dari masyarakat dimana acara tersebut akan diselenggarakan.

Alasan surat Kades larang Natal diterbitkan disebutkan demi keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto, saat dikonfirmasi membenarkan terkait surat larang perayaan Natal tersebut dan menyatakan bahwa hal tersebut hanyalah kesalahpahaman dan kurangnya komunikasi antara kepala desa dan pengurus gereja setempat.

Baca Juga : Simbol-Simbol dan Makna Mendalam Natal yang Harus Kamu Ketahui

Mediasi dilakukan pada tanggal 24 Desember 2023 oleh pihak kepolisian untuk menyelesaikan permasalahan ini.

"Kemarin mereka (kepala desa dan pengurus gereja) hanya kesalahpahaman dan kurang komunikasi saja selama ini. Kedua pihak belum pernah silaturahmi atau ketemu," kata Kapolres Suwinto.

Bupati Pelalawan, Zukri, yang mendapatkan laporan langsung, juga turun tangan dalam menyelesaikan permasalahan ini. Kedua pihak, yaitu kepala desa dan pengurus gereja, dipanggil dan dimediasi di Polres Pelalawan.

"Alhamdulillah setelah mediasi kemarin baru mencair. Selanjutnya akan dikomunikasikan secara intens setelah tahun baru," ungkap Kapolres Suwinto.

Baca Juga : Daftar Lagu Natal Terbaik untuk Momen Hangat Bersama Keluarga