Fitur Baru 'Go Live Together', Simak Cara Live Streaming Berdua di YouTube

Aplikasi menonton video YouTube meluncurkan fitur baru bernama 'Go Live Together', memungkinkan pengguna dapat melakukan live streaming berdua.

Fitur Baru 'Go Live Together', Simak Cara Live Streaming Berdua di YouTube
Fitur baru Go Live Together di YouTube. Gambar : Unsplash.com/Dok. NordWood Themes

BaperaNews - Aplikasi menonton video YouTube luncurkan fitur baru yang diberi nama “Go Live Together” usai diuji coba di tahun lalu.

Fitur Go Live Together memungkinkan para kreator konten bisa lakukan siaran langsung berdua dengan syarat memiliki subscriber minimal 50 ribu orang terlebih dahulu untuk bisa mengundang co-host atau tamu pada live streamingnya di perangkat Android maupun iOS.

Sebelumnya hanya ada satu tamu di penonton live streaming YouTube yang diijinkan jadi co-host, tuan rumah bisa mengganti tamu baru di live streaming yang sama.

Pengguna bisa menjadwalkan acara streaming bersama melalui YouTube desktop, namun tuan rumah maupun tamu bisa memakai perangkat seluler ketika live streaming dilakukan. Untuk melakukan fitur baru tersebut, ini cara Go Live Together di YouTube.

Baca Juga : YouTube Uji Coba Layanan Streaming TV, Apakah Gratis?

Cara Live Streaming Berdua di Youtube dengan Fitur Go Live Together :

  1. Buka aplikasi YouTube, klik “Create” kemudian “Go Live Together”.
  2. Masukkan detail live streaming yang akan dilakukan, pilih “Invite a co-streamer”.
  3. Kirim tautan undangan ke co-streamer yang dibutuhkan, mereka akan dikirim ke ruang tunggu.
  4. Jika pengundang sudah mengklik “Go Live” barulah tamu yang diundang akan muncul dan bisa live streaming bersama.

Untuk tamu yang diundang, tidak ada jumlah minimal subscribe nya, tuan rumah harus bertanggung jawab jika ada pelanggaran pedoman komunitas atau apapun. Host juga bisa mendapat penghasilan dari iklan yang muncul di live  stream.

YouTube juga menawarkan fitur serupa untuk memungkinkan kreator bisa live streaming belanja berdua, yang memungkinkan live streaming dilakukan bersama sekaligus menautkan channel dari akun suatu merk.

Adapun aplikasi menonton video lain, Twitch, baru-baru ini juga merilis fitur serupa yang dinamai “Guest Star”, memungkinkan tuan rumah mengundang hingga lima tamu ke live streamingnya. Sistem Guest Star ini lebih sederhana caranya dibanding dengan YouTube.

Yakni dengan menekan tombol raise hand atau angkat tangan, tiap penonton di live streaming bisa dipilih oleh tuan rumah untuk datang secara instan, cara ini mirip di media sosial Club House. Guest Star ini tidak bisa diakses di ponsel seperti fitur di YouTube, hanya bisa diakses melalui desktop.

Fitur baru live streaming berdua di YouTube dengan Go Live Together ini diharapkan bisa memudahkan kreator yang ingin berkolaborasi dalam kontennya, tidak harus mengundang secara langsung ketika ingin berbincang namun bisa dengan mengirim undangan untuk kemudian melakukan live streaming bersama di Go Live Together.

Baca Juga : YouTube Akan Rilis Kebijakan Tentang Larangan Komentar Buruk Dan Spam