YouTube Akan Rilis Kebijakan Tentang Larangan Komentar Buruk Dan Spam

Google kini tingkatkan sistem deteksi untuk YouTube yakni dengan merilis kebijakan larangan komentar buruk dan spam yang muncul di kolom komentar YouTube.

YouTube Akan Rilis Kebijakan Tentang Larangan Komentar Buruk Dan Spam
YouTube akan rilis kebijakan tentang larangan komentar buruk dan spam. Gambar : Pixabay.com/Dok. StockSnap

BaperaNews - Google kini meningkatkan sistem deteksinya tentang komentar spam yang muncul di kolom komentar YouTube. Selama enam bulan pertama di tahun 2022 ini, telah ada lebih dari 1,1 Milyar komentar spam dihapus oleh tim.

Sayangnya, para pelaku tetap melakukan berbagai cara untuk membuat komentar spam. Maka Google juga tingkatkan sistem deteksi dan pembelajaran mesinnya untuk mengetahui spam lebih baik.

YouTube juga menemukan ada banyak bot yang masuk ke obrolan, yang bisa berdampak buruk pada streamer yang siaran langsung.

“Kami tingkatkan deteksi robot spam untuk mencegah masuk di obrolan langsung, hal ini membuat streaming langsung bisa jadi pengalaman yang lebih baik untuk semua orang” ujar salah satu tim YouTube Web Support Google Community, Rob.

Peningkatan lain yang dilakukan ialah YouTube luncurkan fitur baru yang bisa jadi pengingat ketika ada pengguna yang berkomentar buruk, yang bisa melanggar pedoman komunitas YouTube. YouTube akan memberi peringatan ketika mereka mendeteksi ada komentar buruk dan kemudian menghapus komentar tersebut.

Baca Juga : Kekayaan Intelektual: Konten Di YouTube Bisa Untuk Jaminan Utang Ke Bank

Jika pengguna terus menulis komentar buruk, maka YouTube akan memberi sanksi, tidak mengijinkan yang bersangkutan komentar di video apapun selama 24 jam.

“Uji coba kami menunjukkan bagaimana peringatan ini mengurangi pengguna memberi komentar yang melanggar” imbuhnya.

Sayangnya fitur pemberitahuan tentang komentar buruk dan spam melanggar ini baru tersedia untuk komentar dalam bahasa Inggris, maka warganet Indonesia mungkin belum mendapat peringatan jika membuat komentar spam, namun YouTube sedang mengupayakan untuk bisa menghadirkan lebih banyak bahasa dalam beberapa bulan ke depan.

“Tujuan kami melindungi kreator dari pengguna yang ingin memberi dampak negatif atau melukai hati di komunitas melalui komentarnya, serta menawarkan transparansi kepada pengguna yang menghapus komentar karena pelanggaran kebijakan, semoga ini membantu semua orang memahami pedoman komunitas kami” tandasnya.

Harapannya, dengan ada fitur pemberitahuan pada kolom YouTube tersebut bisa membuat para pengguna YouTube lebih berhati-hati dalam berkomentar di setiap konten, dilarang julid ataupun berkata kasar juga membuat spam.

Jadi, berhati-hati dengan jari jemari, jangan sampai membuat kata kasar meski hanya tulisan yang bisa melukai hati seseorang, jadikan semua tempat media sosial sebagai tempat yang mengasyikkan ya.

Baca Juga : Baru! Fitur Corrections YouTube, Tak Perlu Upload Ulang Video