Fakta-fakta Truk BBM Tabrak Ambulans Jenazah di Muara Enim

Kecelakaan tragis terjadi di Muara Enim, Sumatra Selatan, saat truk pengangkut BBM bertabrakan dengan sebuah ambulans jenazah, merenggut tiga nyawa.

Fakta-fakta Truk BBM Tabrak Ambulans Jenazah di Muara Enim
Fakta-fakta Truk BBM Tabrak Ambulans Jenazah di Muara Enim. Gambar : Dok. Polisi Sulsel

BaperaNews - Kecelakaan truk BBM dengan ambulans jenazah terjadi di Jalinsum Muara Enim Sumatra Selatan tepatnya di perbatasan Muara Enim-Ogan Ilir pada hari Selasa malam (5/9).

3 orang dilaporkan tewas dalam insiden. Mobil ambulans ringsek parah di bagian depan, sopir dan semua penumpang di ambulans tewas seketika di lokasi kejadian. Simak fakta terkait kecelakaan maut truk BBM dengan ambulans jenazah di Muara Enim.

Kronologi Kecelakaan

Kecelakaan bermula ketika mobil pembawa jenazah yang dinaiki 2 keluarga jenazah hendak ke rumah duka dari Palembang menuju Penukai Abab Lematang Ilir. Ambulans melaju dengan lancar dan berada pada jalurnya.

"Sampainya di TKP di Desa Segayam Kecamatan Gelumbang, ambulans melaju dan tetap di jalurnya. Tiba-tiba dari arah berlawanan pukul 19.00 WIB muncul truk pembawa tangki BBM warga biru menyalip kendaraan di depannya dan mengambil arah berlawanan sehingga terjadi kecelakaan maut. Kecelakaan truk BBM dengan ambulans jenazah karena kedua kendaraan sama-sama berkecepatan tinggi dan di jalur yang sama” terang Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi. 

Baca Juga : Tewaskan 1 Orang, Mobil Dinas DPRD Pesisir Barat Lampung Alami Kecelakaan Maut

Sebab Kecelakaan: Sopir Truk BBM Lalai

Dugaan sementara ialah sopir truk BBM lalai nekat menyalip mengambil arah berlawan dengan jalur seharusnya dan tidak memberi prioritas pada mobil ambulans yang hendak melintas. Ambulans yang berisi pasien, jenazah, atau hendak menjemput pasien seharusnya mendapat prioritas untuk lewat terlebih dahulu karena termasuk dalam kendaraan yang berada dalam kondisi darurat.

“Dugaan sementara sebab kecelakaan ya itu sopir truk BBM lalai, dia kurang konsentrasi, memaksa mengambil jalur berlawanan untuk menyalip kendaraan di depannya. Sopir truk BBM telah kami tetapkan sebagai tersangka dan telah ditahan di Rutan Polres Muara Enim” imbuh Andi.

3 Korban Tewas

3 orang dilaporkan tewas yaitu sopir ambulans MH (40) dan 2 keluarga jenazah yang duduk di belakang mobil ambulans YS (60) dan DR (40). YS dan DR ialah kakak adik.

“Korban tewas ada 3 yaitu sopir ambulans dan 2 keluarga yang mengantar jenazah sedangkan 1 jenazah di ambulans memang sudah tewas ketika berada di mobil ambulans tersebut” pungkas Andi.

Jenazah para korban dibawa ke Puskesmas Gelumbang dan diserahterimakan pada pihak keluarga untuk dimakamkan di rumah duka.

Baca Juga : Sepasang Remaja Tewas dalam Kecelakaan di Makassar, Mobil Ringsek Parah