Fahd A Rafiq Bicara Jet Tempur Rafale yang dibeli RI Miliki Kesamaan Dengan AU Prancis

Ketua Umum DPP Bapera membagikan pendapat mengenai pembelian jet tempur Rafale oleh Indonesia.

Fahd A Rafiq Bicara Jet Tempur Rafale yang dibeli RI Miliki Kesamaan Dengan AU Prancis
Fahd A Rafiq Bicara Jet Tempur Rafale yang dibeli RI Miliki Kesamaan Dengan AU Prancis. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - TNI Angkatan Udara mengatakan jet tempur generasi 4,5 Rafale yang dibeli Indonesia akan memiliki spesifikasi yang sama persis seperti yang dipakai Angkatan Udara Prancis (France Air and Space Force (FASF). Dilansir CNNIndonesia Kamis, (27/7).

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, memberi tanggapan tentang Jet Tempur Rafale yang telah dibeli oleh Indonesia dari Prancis, Jet Tempur Rafale akan menjadi alutsista yang dimiliki oleh TNI.

Jet Tempur Rafale merupakan masuk dalam daftar pesanan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto spesifikasi jet tempur tersebut digadang-gadang memiliki spesifikasi persis dengan yang dipakai oleh Angkatan Udara Prancis.

“Melalui Menhan Prabowo Subianto, Indonesia telah melakukan pembelian alutsista untuk TNI, yakni Jet Tempur Rafale dari negara Prancis, Jet Tempur Rafale masuk dalam daftar pesanan oleh Menhan Prabowo, digadang-gadang spesifikasi Jet Tempur Rafale memiliki kesamaan yang dipakai oleh Angkatan Udara Prancis.” Ujar Fahd A Rafiq.

Dirinya juga menambahkan, “Semoga keberadaan jet tempur Rafale bagi TNI Angkatan Udara, dapat memperkokoh kekuatan udara wilayah NKRI, jet tempur Rafale ini merupakan salah satu alutsista berteknologi tinggi, dan memiliki kemampuan sangat canggih, semoga kita harapkan TNI AU akan memiliki keterampilan untuk mengawaki pesawat tempur tersebut.” Tutup Fahd A Rafiq.

Rafale merupakan pesawat tempur segala peran (multirole atau Prancis menyebutkan sebagai omnirole) yang dioperasikan Prancis sejak 2004. Hingga 2018, Prancis mengoperasikan sedikitnya 132 unit Rafale untuk AU dan 48 unit untuk Angkatan Laut Prancis.

Penulis : Fachrul