Erick Thohir Angkat Tsamara Amany Jadi Staf Khusus BUMN

Menteri BUMN, Erick Thohir resmi mengangkat Tsamara Amany menjadi staf khusus di Kementerian BUMN dengan fokus pada kebijakan publik.

Erick Thohir Angkat Tsamara Amany Jadi Staf Khusus BUMN
Erick Thohir Angkat Tsamara Amany Jadi Staf Khusus BUMN. Gambar : Instagram/@tsamaradki

BaperaNews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, telah menunjuk Tsamara Amany sebagai Staf Khusus dengan fokus pada kebijakan publik. Langkah ini sejalan dengan komitmennya untuk meningkatkan proporsi pemimpin perempuan di lingkungan Kementerian BUMN.

Pengumuman penunjukan ini dilakukan Erick dalam Perayaan Hari Ibu dan Peluncuran Kebijakan Kesejahteraan Karyawan pada Rabu (13/12).

"Ditambah lagi Bu Tsamara nih, ini Bu atau Mbak ya. Nah, ini staf khusus baru yang saya minta untuk fokus di kebijakan publik," ungkapnya.

Usai acara, Erick menjelaskan bahwa Kementerian BUMN dianggap memerlukan lebih banyak suara dari anak muda dalam merumuskan berbagai kebijakan.

Ia merujuk pada diskusi dengan Tsamara mengenai kesehatan mental, menyatakan bahwa "70 persen generasi muda menunjukkan indikasi masalah kesehatan mental. Dengan inspirasi ini, saya berdiskusi dengan Pak Tedi (Deputi Bidang Manajemen dan SDM), akhirnya kita terapkan."

Sebelumnya bergabung dengan Kementerian BUMN, Tsamara Amany secara terbuka mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya sebagai pengurus dan kader PSI melalui video berdurasi 7 menit 11 detik di saluran YouTube pribadinya.

Baca Juga : Resmi! Menteri BUMN Erick Thohir Jadi Ketua Lakpesdam NU

"Setelah 5 tahun mengabdi di PSI sebagai Ketua DPP, pada hari ini, 18 April 2022, saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengurus dan kader PSI," kata Tsamara pada Senin (18/4/2022).

"Saat ini, saya ingin fokus mengabdi kepada Indonesia melalui cara-cara lain. Salah satunya dengan fokus menyuarakan isu perempuan dan mengabdi untuk kepentingan perempuan. Ini bukan berarti saya merendahkan peran atau efektivitas partai dan PSI dalam membawa perubahan," katanya.

Keputusan menunjuk Tsamara Amany sebagai Staf Khusus Bidang Kebijakan Publik merupakan langkah strategis Menteri Erick Thohir untuk menyuntikkan perspektif muda dalam merumuskan kebijakan di Kementerian BUMN. Inisiatif ini, yang diumumkan saat perayaan Hari Ibu.

Erick meyakini bahwa Kementerian BUMN memerlukan representasi suara yang lebih komprehensif, terutama dari generasi muda. Penunjukan Tsamara, mantan politisi PSI, sejalan dengan visi ini, mengingat pengalaman dan wawasan yang dimilikinya selama lima tahun di dalam partai politik.

Baca Juga : Erick Thohir Digugat ke PN Jakpus karena Dugaan Pemalsuan Laporan Keuangan