Eks Gubernur Sumbar, Azwar Anas Meninggal Dunia

Eks Gubernur Sumatera Barat, Azwar Anas meninggal dunia, Minggu (5/3). Azwar Anas meninggal dunia pada usia 89 Tahun.

Eks Gubernur Sumbar, Azwar Anas Meninggal Dunia
Azwar Anas. Gambar : bola.inilah.com

BaperaNews - Eks Gubernur Sumatera Barat, Azwar Anas meninggal dunia, Minggu (5/3). Azwar Anas meninggal dunia pada usia 89 Tahun.

Hal ini diumumkan oleh Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade, ia mengatakan Azwar Anas telah meninggal dunia pada pukul 11.40 WIB.

"Hari ini seluruh masyarakat Sumbar dan juga orang Minang di perantauan yang berada di seluruh dunia merasakan kehilangan dan duka yang mendalam," kata Andre Rosiade

Sebelum berpulang, Azwar Anas sempat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto selama 2 bulan. Ia menjalani perawatan lantaran mengidap gangguan pernapasan.

Menurut keterangan Andre, pada awal Januari, kondisinya sempat membaik dan setiap hari ada kemajuan meskipun belum lepas dari ventilator.

Baca Juga : Serba Serbi Kebakaran Depo Plumpang Milik Pertamina

Mengenal Azwar Anas

Semasa hidupnya, Azwar Anas sempat menjajaki berbagai posisi, termasuk di dalam perusahaan. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Padang.

Sedangkan dalam dunia politik, Azwar Anas pernah menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat dua periode (1997-1987). 

Tidak hanya itu, ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat di era Orde Baru.

Azwar Anas pernah menjadi Ketua Umum PSSI periode 1991-1998, di era Azwar Anas, ia melakukan terobosan dengan menggabungkan kompetisi Galatama dan Perserikatan pada tahun 1995. 

Dia adalah tokoh dibalik revolusi sepak bola Indonesia dengan kompetisi model baru, Liga Indonesia, jadi fondasi awal kompetisi profesional Tanah Air yang kini bernama Indonesia Super League.

Baca Juga : Jokowi: Zainudin Amali Sudah Mundur dari Menpora