Ekonomi Kalimantan Naik Akibat Pembangunan IKN

Pembangunan IKN di Kalimantan Timur membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Kalimantan mencapai 5,56%.

Ekonomi Kalimantan Naik Akibat Pembangunan IKN
Ekonomi Kalimantan Naik Akibat Pembangunan IKN. Gambar : BPMI Setpres/Dok. Laily Rachev

BaperaNews - Pembangunan IKN saat ini tengah dikebut. Pembangunan ibu kota negara baru pengganti Jakarta yang berlokasi di Kalimantan timur membawa dampak baik untuk ekonomi Kalimantan secara luas.

Ekonomi Kalimantan terus naik dan positif pertumbuhannya. Dipilihnya Kalimantan sebagai lokasi Ibu Kota Nusantara ialah bertujuan agar pembangunan di Indonesia lebih merata, tidak hanya fokus di Pulau Jawa saja namun ke seluruh Indonesia serta untuk mengurangi beban Jakarta.

BPS (Badan Pusat Statistik) mencatat ekonomi Kalimantan tumbuh 5,56% pada kuartal II 2023. Pencapaian terbesar disumbang oleh lokasi pembangunan IKN saat ini yakni di Kalimantan Timur sebesar 3,55% yang sumbernya dari tambang, konstruksi, penggalian, dan industri pengolahan.

“Konstruksi di Kaltim terutama yang berhubungan dengan pembangunan IKN saat ini” kata Deputi Bidang Neraca dan Analisis Pusat Statistik BPS Edy Mahmud hari Senin (7/8) dalam keterangan persnya.

Sementara sumbangan kenaikan ekonomi Kalimantan lainnya didapat dari Kalimantan Utara, Tengah, dan Barat dengan rincian Kalbar 0,61%, Kalsel 0,73%, Kalteng 0,33%, dan Kalut 0,34%. Jumlahnya tidak sebanyak di Kalimantan timur yang jadi pusat pembangunan IKN saat ini. 

Baca Juga : Polusi Jakarta Kian Parah, Solusi Jokowi: IKN!

Pertumbuhan ekonomi Kalimantan yang mencapai 5,56% bahkan lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan nasional yang sebesar 5,17% year on year. Meski demikian, pertumbuhan ekonomi Kalimantan masih lebih rendah dari Maluku sebesar 6,64% dan Papua sebesar 6,35%.

Pada Triwulan II 2023, ekonomi Indonesia masih kecil pertumbuhannya yakni sebesar 5,44%. Kontributor utama ialah Jawa dengan pertumbuhan 5,18%.

“Jawa tumbuh 5,18% setelah triwulan yang sama di tahun lalu sebenarnya cukup tinggi yaitu 5,65%. Sumber pertumbuhan ekonominya dari perdagangan, infokom, dan jasa perusahaan” pungkas Edy.

Seiring dengan terus dibangunnya ibu kota Nusantara dan kelak Nusantara akan menjadi pengganti Jakarta, bukan tidak mungkin ekonomi Kalimantan dan sekitarnya akan terus membaik. Ibu kota Nusantara akan menjadi pusat negara, pusat pemerintahan.

Sejumlah perusahaan negara seperti PT Pertamina juga telah merencanakan memindahkan kantor pusatnya ke IKN yang jelas akan membuka lapangan kerja dan dampak ekonomi positif lainnya. Semoga Indonesia makin maju dengan adanya ibu kota Nusantara ya, pembangunan bisa semakin merata ke seluruh wilayah negara.

Baca Juga : KemenPANRB Siapkan 16 Ribu ASN di IKN