Polusi Jakarta Kian Parah, Solusi Jokowi: IKN!

Presiden Jokowi yakin pindah ibu kota ke IKN bisa menjadi solusi permasalahan polusi udara di Jakarta yang menjadi semakin buruk.

Polusi Jakarta Kian Parah, Solusi Jokowi: IKN!
Polusi Jakarta Kian Parah, Solusi Jokowi: IKN. Gambar : Dok. Sekretariat Presiden

BaperaNews - Polusi udara di Jakarta yang kian parah dikeluhkan warganet di media sosial kepada Presiden Jokowi.

Jokowi menyebut polusi udara Jakarta hari ini maupun hari-hari sebelumnya sebenarnya memang telah terjadi sejak lama, sudah bertahun-tahun dialami oleh ibu kota.

Salah satu cara untuk mengurangi polusi udara di Jakarta tersebut adalah dengan mengurangi beban kota yakni dengan memindahkan ibu kota negara ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Ya, polusi udara Jakarta hari ini itu tidak hanya terjadi hari ini, sudah bertahun-tahun kita alami di ibu kota Jakarta, bertahun-tahun kita alami. Dan salah satu solusinya ialah mengurangi beban Jakarta, sebagian nanti digeser ke Ibu Kota Nusantara” kata Jokowi hari Senin (7/8).

Solusi selanjutnya menurut Jokowi untuk atasi polusi udara di Jakarta ialah dengan memperbanyak transportasi umum baik itu yang disediakan pemerintah juga kesadaran dari masyarakat itu sendiri untuk beralih ke transportasi umum. Selain itu, pemakaian mobil listrik juga bisa kurangi polusi udara di Jakarta. 

Baca Juga : Langit New York Berubah Jadi Kuning, Banyak Polusi?

“Juga moda transportasi umum itu harus. MRT harus selesai di semua rute. LRT semua rute juga harus segera selesai. Kereta cepat itu pun mengurangi polusi. Termasuk nantinya soal pemakaian mobil listrik. Kenapa kita beri dorongan, salah satunya karena itu” pungkas Jokowi.

Sebagai informasi, warganet sebelumnya banyak berkomentar di media sosial Instagram Jokowi mengeluh polusi udara Jakarta hari ini sangat parah hingga membuat sesak nafas dan masalah kesehatan lainnya.

Buruknya udara di Jakarta memang terbukti, Jakarta sering menjadi langganan sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Jadi tidak heran jika banyak yang mengeluhkannya.

Pengacara kondang Hotman Paris turut mengunggah kondisi udara Jakarta yang tidak sehat.

“Gawat polusi” ucap Hotman sembari mengunggah kondisi udara di Jakarta yang diambil di kawasan Kemayoran.

Solusi yang dibeberkan Jokowi dinilai tepat, memindahkan ibu kota ke Nusantara, memperbanyak transportasi massal, dan meningkatkan jumlah kendaraan listrik. Jika ketiga hal tersebut bisa tercapai dengan baik, tentu akan semakin mengurangi polusi udara di Jakarta.

Polusi udara sendiri bukan masalah sepele, bisa menyebabkan berbagai masalah mulai dari masalah pernapasan, penyakit ISPA, hingga paru-paru. Kerjasama pemerintah dengan warga yang baik akan jadi solusi untuk atasi polusi udara Jakarta yakni dengan terapkan sejumlah langkah yang dibeberkan Jokowi untuk kondisi udara Jakarta yang lebih baik.

Baca Juga ; Motor Dinilai Jadi Penyumbang Polusi Terbesar di Indonesia