Detik-detik Rantai Bianglala Putus di Pamekasan

Viral video detik-detik rantai bianglala putus di pasar malam Pamekasan pada Selasa malam (29/8), hal ini memicu keprihatinan warganet akan keamanan wahana.

Detik-detik Rantai Bianglala Putus di Pamekasan
Detik-detik Rantai Bianglala Putus di Pamekasan. Gambar : Kolase Tangkapan Layar TikTok/@detik.com

BaperaNews - Terjadi insiden mengerikan rantai bianglala putus di sebuah pasar malam Sedangdang Pamekasan, Jawa Barat. Insiden pada Selasa malam (29/8) pukul 20.00 WIB ini membuat para penumpang dan pengunjung berteriak histeris.

Wahana bianglala menjadi favorit masyarakat setempat, nampak para pengunjung antre untuk bisa menaikinya. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga menyukainya.

Awalnya bianglala berputar normal dengan semestinya, melaju perlahan dengan penumpang di atasnya. Namun, suasana berubah, tetiba rantai bianglala putus.

Salah seorang pengunjung yang merekam menunjukkan suasana histeris para penumpang. Tidak sedikit yang menangis ketakutan.

“Aduh Ya Allah Ya Allah” bunyi teriakan yang terdengar di video.

Nampak pula salah satu bianglala di pasar malam Pamekasan tersebut berayun tidak terkendali ke kanan dan kiri karena rantainya putus.

Kepanikan semakin menjadi-jadi. Anak-anak dan orang dewasa yang sebelumnya antre bubar, mereka nampak menangis ketakutan.

“Aduh gimana itu ada yang nangis kasihan” kata pembuat video. 

Baca Juga : Dilanda Angin Kencang, Wahana Ketapel Sebabkan 1 Remaja Tewas

Warga yang berada di pasar malam Pamekasan mengerubungi bianglala yang putus rantainya, mereka khawatir karena masih ada penumpang yang berada di atas. Pasar malam Pamekasan ini berada di lahan Kodim 0826 Pamekasan.

Kadis Perindah Pamekasan Hasan Basri mengungkap kejadian ini berlangsung di sebuah acara hiburan rakyat.

“Itu hiburan malam, sejak kecil sudah ada pasar malam” kata Basri.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa rantai bianglala putus ini. Penumpang yang berada di atas berhasil diturunkan. Namun insiden ini membuat penumpang dan penonton trauma.

Pasar malam sendiri biasa ramai dikunjungi masyarakat untuk mencari hiburan baik itu membeli mainan, mebeli baju, mencoba jajan dan makanan yang ditawarkan, sampai mencoba wahananya.

Pasar malam di Pamekasan biasa dibuka ketika musim panen tembakau. Di Pamekasan kebetulan saat ini sedang naik harga tembakau. Wahana bianglala ialah wahana berputar yang mirip kincir raksasa.

Di pinggirnya dibuat area untuk penumpang naik. Bianglala biasa dibuat dengan warna-warni menarik untuk membuat pengunjung lebih tertarik menaikinya.

Masyarakat berharap dengan adanya insiden ini sistem keamanan mainan di wahana bisa ditingkatkan ada ada pihak khusus yang melakukan perawatan berkala serta evaluasi agar tidak ada kejadian serupa lagi mengingat adanya pasar malam juga berperan untuk meningkatkan ekonomi warga setempat dan menjadi lokasi hiburan favorit untuk warga.

Baca Juga : Pihak Ancol Buka Suara Usai Wahana Halilintar di Dufan Berhenti Mendadak