Bikin Merinding! Api Misterius Berpindah - Pindah di Rumah Warga Sulsel, Diduga Santet?

Kemunculan Api di pemukiman rumah warga bone, Sulsel menjadi misteri, pasalnya sumber api tersebut tidak diketahui dan terus berpindah-pindah!

Bikin Merinding! Api Misterius Berpindah - Pindah di Rumah Warga Sulsel, Diduga Santet?
Api berpindah - pindah di pemukiman rumah warga Bone. Gambar : DetikSulsel/Agung Pramono

BaperaNews - Kemunculan api yang berpindah - pindah di Pemukiman rumah - rumah warga di Bone Sulawesi Selatan hingga kini masih menjadi misteri. Kemunculan api tersebut berada di rumah warga bernama Saheria (65) yang juga menyaksikan langsung kemunculan api tersebut dan merasa merinding.

Misteri api yang berpindah - pindah ini terjadi di Lingkungan Palanga, Kelurahan TA, Kecamatan Tanete Riattang, Bone pada Senin sampai Selasa 5 - 6 September 2022, ada 16 kali api muncul dan berpindah - pindah dalam dua hari tersebut.

Kemunculan api pertama kali membakar sebuah spanduk di rumah, kemudian pindah ke papan rumah dan tiangnya, saat itu, Saheria belum mengetahui adanya api.

“Awal kebakaran terjadi mulai pada Senin siang (5/9), kejadian pertama dimulai dari spanduk hingga pindah ke papan rumah dan tiangnya, serta ada tetangga yang melihatnya dan menyampaikan api bisa dipadamkan” ujarnya Kamis 8/9.

Saheria menuturkan, api muncul pertama kali ketika ia masih berada di pasar, ia dikabari oleh menantunya tentang rumah yang terbakar. Ia lantas buru - buru pulang ke rumah, saat masuk ke rumah, ia melihat ada api menyala dengan skala kecil dan langsung dipadamkan.

Namun, api kembali muncul di sisi lain rumahnya yang terbuat dari kayu, ia melihat api muncul dari dalam kamar.

“Pas saya masuk itu api yang kecil muncul dari dalam rumah kayu, disiram saja padam, baru pindah di kamar dikasih air padam lagi, di kamarku saja dua kali api muncul” terangnya.

Baca Juga : Viral Pria Bakar SPBU Hingga Buat Pengendara Ketakutan, Ini Penjelasan Polisi

Awalnya warga mengira api muncul dari kabel air yang bermasalah, namun usai diperiksa PLN, tidak ada masalah apapun dalam kabel tersebut. Saheria pun heran, dari mana ada api terbang muncul di rumahnya.

“Saya kira itu mesin air terbakar awalnya karena kabel bermasalah, putus, saya suruh anakku panggil PLN untuk perbaiki, tapi bukan itu yang bermasalah, kayak terbang itu api” jelasnya.

Imam Masjid Sebut Api Kiriman Jin

“Tidak masuk akal memang kebakarannya, api yang berpindah - pindah di Bone semacam itu kiriman jin, kalau orang dulu bilang guna - guna, kita dugaan seperti itu” ujar Imam Kelurahan TA Ustadz Muhammad Abduh.

Ustadz Muhammad Abduh kemudian merukiah rumah yang terkena api tersebut.

“Saya datang kesana baca ayat rukiah, baru siram semua sudut - sudutnya, alhamdulilah setelah itu tidak pernah muncul api, tetapi memang hawanya panas di dalam rumah saat masuk. Kiriman api yang berpindah - pindah dari jin dan semacam ilmu hitam, kalau dekat sama Allah SWT InsyaAllah akan jauh dari hal seperti itu” pungkasnya.