Begini Manfaat Penting Vitamin dan Mineral Saat Pandemi

Vitamin dan Mineral punya banyak manfaat di masa pandemi ini, yuk simak apa saja manfaatnya !

Begini Manfaat Penting Vitamin dan Mineral Saat Pandemi
Ilustrasi jeruk yang kaya vitamin, Gambar : stocksnap.io

BaperaNews - Masa pandemi seperti sekarang telah mengubah kebiasaan orang pada umumnya. Atau lebih tepatnya dipaksa terbiasa dengan hal-hal yang tidak pernah dilakulan sebelum pandemi melanda. Salah satunya seperti memakai masker dan Mengkonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin dan mineral. 

Kebiasaan baru itu seharusnya dilakukan sedari dulu. Jauh sebelum pandemi ini melanda dan menggemparkan seluruh jagad dunia yang mengalami ketakutan karena covid 19 teramat berbahaya bagi keselamatan jiwa. 

Orang orang tidak ingin terpapar dengan virus covid 19 tersebut. Sehingga apa pun caranya, akan mereka usahakan kendati sedikit terpaksa atau lebih tepatnya memaksan diri untuk menjadi biasa. 

Hal hal yang tak biasa itu seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan tentu saja penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, membawa handsanitizer, minum vitamin hingga mengkonsumsi buah-buahan. 

Padahal sejatinya, jika kita menyadari hal itu dari dulu, memang seharusnya demikian. Namun berhubung ada pandemi, barulah kita dipaksa sadar atau bisa dibilang, tobat dari hal hal yang kerap kita sepelekan itu. 

Nah perlu diketahui gaes, berhubung ini pandemi, rupanya rajin mengonsumsi vitamin ternyata bermanfaat lho bagi asupan tubuhmu, terlebih di saat pandemi begini. Etapi, jangan dikira setelah pandemi kamu akan balik lagi menjadi biasa saja. Nggak lagi taat prokes dan mengonsumsi vitamin atau buah buahan ya. Tetap harus dong, ya! 

Berikut manfaat vitamin bagi tubuhmu gaes :

  1. Vitamin bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti halnya vitamin B2 yang dapat menjaga kesehatan kulit, saraf, dan mata, serta vitamin B9 yang berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Selain itu, mineral seperti zat besi juga mampu memelihara jaringan tubuh sehingga tubuh tetap terjaga kesehatannya.
  2. Kekurangan zat besi dapat membuat tubuh cepat lelah, bahkan hingga mengalami anemia. Untuk itu, mengonsumsi daging merah, sayuran, hingga makanan laut yang mengandung zat besi dapat meningkatkan kesehatan tubuh sehingga terhindar dari anemia. 
  3. Vitamin esensial seperti vitamin B9 atau asam folat ikut berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Sebab, asam folat terbukti dapat mengurangi kadar homosistein yang dapat memicu risiko penyakit jantung. Sedangkan mineral seperti zat besi membantu dalam pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. 

Itulah sederet manfaat vitamin dan mineral bagi kesehatan tubuhmu. Terlebih di era pademi ini, kamu dituntut untuk senantiasa menjaga pola makan yang sehat agar tetap fit dan bugar, sehingga tidak mudah terpapar.