Apakah Kopi Campur Soda Kue Bisa Atasi Asam Lambung? Ini Jawabannya!

Mitos atau fakta kopi campur soda kue dapat menangani gejala asam lambung? Simak Selengkapnya!

Apakah Kopi Campur Soda Kue Bisa Atasi Asam Lambung? Ini Jawabannya!
Apakah Kopi Campur Soda Kue Bisa Atasi Asam Lambung? Ini Jawabannya!. Gambar : Ilustrasi Canva by welcomia

BaperaNews - Banyak orang mengalami ketidaknyamanan saat menikmati secangkir kopi. Masalah ini kerap terjadi karena sifat asam yang dimiliki oleh kopi. 

Bagi sebagian orang dengan lambung sensitif, minum kopi bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan, menyebabkan gejala yang mengganggu kesehatan. Namun, sebuah solusi muncul dalam wujud pencampuran kopi dengan soda kue.

Soda kue yang biasa digunakan dalam pembuatan kue, rupanya juga dapat menjadi tambahan yang efektif untuk kopi. 

Dilansir dari sebuah penelitian Universitas Harvard, pencampuran soda kue ke dalam kopi dapat menurunkan tingkat keasaman secara alami. Hal ini membawa manfaat besar bagi mereka yang memiliki kondisi perut sensitif, mengurangi risiko mulas, refluks, dan sakit perut.

Tak hanya itu, soda kue juga diketahui meningkatkan karakter kopi dengan memberikan sentuhan rasa manis dan mengurangi rasa pahit. 

Jumlah soda kue yang direkomendasikan untuk dicampurkan ke dalam secangkir kopi adalah setengah sendok teh hingga satu sendok teh. Hal ini dapat menurunkan tingkat keasaman, menghaluskan rasa pahit, serta meningkatkan rasa manis kopi.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal farmakologi "Diabetes, Obesity, and Metabolism" menunjukkan bahwa natrium bikarbonat, yang terdapat dalam soda kue, dapat membantu mengatasi asam urat. 

Natrium bikarbonat berperan dalam mengatur pH urine dan menurunkan kristal asam urat dalam urine, sehingga dapat meredakan nyeri pada penderita asam urat.

Meskipun demikian, sebelum mencoba cara kopi campur soda kue, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Penting untuk memastikan bahwa kopi campur soda kue ini aman bagi kondisi kesehatan individu.

Baca Juga : Peneliti Ungkap Peminum Kopi Hitam Berpotensi jadi Psikopat

Menariknya lagi, kopi campur soda kue tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga tidak menambahkan kalori ke dalam minuman tersebut. Hal ini menjadikan kombinasi kopi dan soda kue sebagai pilihan yang ramah bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

Pencampuran soda kue ke dalam kopi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Cukup tambahkan soda kue ke dalam kopi sebelum diseduh dengan air panas. 

Namun, pastikan untuk memperhatikan jumlah soda kue yang ditambahkan agar tidak terlalu banyak dan tidak merusak rasa kopi itu sendiri.

Pencampuran kopi dengan soda kue menjadi alternatif menarik bagi pecinta kopi yang memiliki masalah dengan lambung sensitif. 

Selain membantu menetralkan keasaman kopi, soda kue juga memberikan sentuhan rasa yang unik dan meningkatkan kenikmatan minum kopi.

Baca Juga : Hati-hati! Makan Gorengan Ternyata Lebih Bahaya dari Sate Kambing