AP II Buka Suara Soal Alphard dan Mobil Bea Cukai di Apron Soetta

PT Angkasa Pura II buka suara tentang foto viral sebuah Mobil mewah Toyota Alphard dan mobil dinas Ditjen Bea Cukai masuk ke dalam apron Bandara Soetta.

AP II Buka Suara Soal Alphard dan Mobil Bea Cukai di Apron Soetta
AP II Buka Suara Soal Alphard dan Mobil Bea Cukai di Apron Soetta. Gambar : Courtesy of Facebook/Dok. Peter F. Gontha

BaperaNews - PT Angkasa Pura II yang merupakan perusahaan pengelola bandara tanah air buka suara tentang foto viral sebuah Mobil mewah Toyota Alphard dan mobil dinas Ditjen Bea Cukai masuk ke dalam apron Bandara Soekarno Hatta.

Tidak Ada Aturan yang Dilanggar Mengenai Mobil Bea Cukai Di Apron Soetta

SM of Branch Communication & Legal Bandara Soetta Holik Muardi menjelaskan, sejatinya kendaraan tersebut sama sekali tidak melanggar aturan bandara.

Ia menegaskan, memang ada kondisi tertentu pihak bandara memberi protokol pengamanan khusus untuk antar instansi sesuai SOP yang berlaku dalam penanganan VIP, itu memang diperbolehkan seperti kejadian mobil bea cukai di apron Soetta.

“Protokol yang dijalankan sudah sesuai SOP, termasuk soal personel, kelengkapan tanda di kendaraan Daerah Keamanan Terbatas (DTK), dan tetap mempertimbangkan keselamatan dalam penerbangan” terang Holik pada Minggu (26/3).

Sebelumnya viral foto mobil Alphard dan mobil dinas Ditjen Bea Cukai masuk apron Bandara Soetta, mobil tersebut membawa Menteri Keuangan Sri Mulyani beserta rombongan.

Staf Khusus Menkeu Yustinus Prastowo sempat ditanya terkait hal tersebut namun ia enggan menjawab, ia menyebut masalah ini biar dijawab PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara. “Agar dijelaskan oleh PT  AP II yang menjadi pihak berwenang dalam hal ini” ucapnya singkat.

Baca Juga : Viral Oknum TNI Selingkuh Dengan Lebih Dari 5 Wanita, Padahal Sudah Beristri

Mobil Milik Kemenkeu dalam Rangka Kunjungan Kerja

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ikut buka suara terkait foto viral mobil alphard yang masuk ke apron bandara Soetta, Kemenhub memastikan mobil tersebut memang milik Ditjen Bea Cukai Kemenkeu.

“Kegiatan yang terlihat itu ialah kendaraan untuk operasional Bea Cukai Soetta bersama pejabat Kemenkeu yang tiba di Cengkareng, itu dari kunjungan kerja di wilayah Papua” ucap Jubir Kemenhub Adita Irawati pada Minggu (26/3).

Rombongan Kemenkeu tiba di bandara Soetta dengan penerbangan pesawat Batik Air ID6183, mendarat pukul 14.38 WIB di apron parkstand D71. “Mobil telah dilengkapi ijin untuk masuk ke apron” sambungnya.

Aturan dan Tata Tertib Bandara

Adita kemudian menjelaskan tentang aturan dan tata tertib bandara Soetta. Apron ialah tempat untuk menempatkan pesawat udara, naik turun penumpang, pos, kargo, pengisian bahan bakar, perawatan, atau parkir.

Namun, ada kendaraan seperti contohnya mobil bea cukai di apron Soetta yang diijinkan masuk dalam kondisi tertentu sesuai PM 33/2015 tentang Access Control ke Kawasan Keamanan Terbatas.

Jadi tak ada masalah tentang mobil milik pemerintah Indonesia masuk ke apron bandara Soetta, kendaraan alphard tersebut memang sudah ada ijin, serta pihak Bandara memang diizinkan memberi pengamanan khusus kepada pejabat tertentu demi keselamatan pejabat tersebut.

Baca Juga : Pegawai Bea Cukai Jadi Sorotan Usai Sebut Netizen Babu