AFC Keluarkan Kebijakan, Bantu Timnas U-17 Lolos Piala Asia U-17 2023

Federasi Sepak Bola Asia (AFC) mengeluarkan kebijakan yang disebut bisa membantu Timnas Indonesia U-17 lolos putaran final Piala Asia U-17 2023.

AFC Keluarkan Kebijakan, Bantu Timnas U-17 Lolos Piala Asia U-17 2023
AFC keluarkan kebijakan yang bisa bantu Timnas Indonesia U-17 lolos di putaran final Piala Asia U-17 2023. Gambar : MNC Portal Indonesia/Aldi Chandra

BaperaNews - AFC (Federasi Sepak Bola Asia) mengeluarkan kebijakan yang disebut bisa membantu timnas Indonesia U-17 lolos putaran final Piala Asia U-17 2023. Hal ini diungkap oleh media asal Vietnam, The Thao 247.

Media tersebut mengungkap timnas Indonesia U-17 kemungkinan masih bisa masuk putaran final Piala Asia U-17 2023 meski gagal menjadi juara grup dan gagal lolos dari runner up terbaik.

Sebagaimana diketahui, timnas Indonesia U-17 berakhir sebagai runner up Grup B di laga Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Indonesia kalah saing dengan Malaysia yang menjadi juara Grup B. Sebenarnya, jadi runner up juga sebuah peluang lolos putaran final.

Namun dari 10 runner up terbaik, hanya 6 besar yang diloloskan, sedangkan Indonesia ada di posisi 7 runner up terbaik. Hal ini membuat timnas Indonesia U-17 kehilangan harapan, jelas sudah tidak ada kemungkinan masuk putaran final Piala Asia U-17 2023. 

Baca Juga : Berikut Daftar 13 Tim Negara Yang Lolos Putaran Final Piala Asia U-17 2023

Namun media The Thao 247 menyebut masih ada kemungkinan. Yakni jika timnas Indonesia U-17 jadi tuan rumahnya. Sebagai informasi, hingga saat ini, Piala Asia U-17 2023 belum jelas dimana pelaksanaannya, awalnya Bahrain ditunjuk jadi tuan rumah, namun Bahrain mengundurkan diri pada Juni 2022.

Hingga saat ini, penyelenggara masih mencari tuan rumah lainnya, sejumlah Negara peserta juga telah mengajukan diri termasuk Indonesia, belum diketahui di Negara mana nantinya ajang akan dilaksanakan.

“Indonesia masih bisa lolos Piala Asia U-17 2023 meski tersingkir secara memalukan oleh Malaysia di kualifikasi. Tiba-tiba Indonesia punya harapan baru usai adanya pengumuman dari pihak AFC. Secara khusus, Indonesia diberi kesempatan untuk lolos dan tampil di Piala Asia U-17 2023 sebab ajang ini sendiri belum punya tuan rumah”.

“Indonesia akan lolos jika Indonesia jadi tuan rumah, dan Laos yang kemungkinan dicoret” tulisnya.

Dijelaskan bahwa Laos berhasil lolos putaran final Piala Asia U-17 2023 dari jalur runner up terbaik, yakni ranking 6. Jika timnas Indonesia U-17 dinyatakan sebagai tuan rumahnya, maka posisi Laos akan digantikan Indonesia. Indonesia akan otomatis lolos karena menjadi tuan rumah, meskipun tidak lolos dari jalur kualifikasi grup dan runner up terbaik.

Pihak AFC sendiri belum memberikan pernyataan terkait keterangan dari media Vietnam tersebut, begitu pula dari timnas Indonesia U-17 maupun pelatih Bima Sakti.

Baca Juga : Presiden FIFA Akan Datang Ke Indonesia Untuk Temui Jokowi