Yogyakarta Gelar Car Free Night saat Malam Tahun Baru, Catat Mana saja Jalurnya!

Pemerintah Kota Yogyakarta akan menerapakan kebijakan Car Free Night (CFN) di sejumlah jalur strategis di Kota Jogja selama malam Tahun Baru 2024.

Yogyakarta Gelar Car Free Night saat Malam Tahun Baru, Catat Mana saja Jalurnya!
Yogyakarta Gelar Car Free Night saat Malam Tahun Baru, Catat Mana saja Jalurnya! Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Dalam rangka memastikan kelancaran pelaksanaan malam pergantian tahun, aparat Yogyakarta telah menyiapkan sejumlah skenario, termasuk menerapkan kebijakan Car Free Night (CFN) di sejumlah jalur strategis di Kota Jogja.

Keputusan ini merupakan hasil evaluasi dari pelaksanaan malam tahun baru sebelumnya yang mengalami campur aduk antara pejalan kaki dan kendaraan bermotor.

"Kebijakan bebas kendaraan mengacu hasil evaluasi pelaksanaan malam tahun baru di 2023. Saat itu campur aduk antara pejalan kaki dengan penggunaan kendaraan bermotor sehingga tahun ini dilaksanakan Car Free Night sehingga bisa menikmati aman dan nyaman," kata Dirlantas Polda DIY, Kombes Polisi Alfian Nurrizal.

Kebijakan Car Free Night Yogyakarta ini akan diterapkan mulai dari Tugu-Malioboro-Titik Nol di Kota Jogja pada malam tahun baru. Dirlantas Polda DIY menjelaskan bahwa langkah-langkah konkret telah disiapkan untuk mendukung kebijakan ini.

Salah satunya adalah penyediaan kantong-kantong parkir bagi masyarakat yang ingin menghabiskan malam tahun baru di pusat Kota Jogja.

Lokasi parkir di Tugu terletak di Kawasan Mc Donald, ex Gedung PLN, kelenteng, dan beberapa lokasi lainnya. Sedangkan untuk Kawasan Malioboro, lokasi parkir tersedia di ABA, Ketandan, Ngabean, Jalan Senopati, Taman Pintar, dan sebelah Hotel Cavinton.

Baca Juga : Puncak Bogor Akan Ditutup Mulai Pukul 18.00, Ada Car Free Night Malam Tahun Baru

Dengan adanya tempat parkir ini, diharapkan pengunjung bisa menikmati malam tahun baru dengan lancar dan nyaman.

Selain penyediaan kantong-kantong parkir, Dirlantas Polda DIY juga menekankan pentingnya jalur evakuasi yang telah disediakan di dekat Hotel Garuda Inn. Langkah ini diambil sebagai antisipasi terhadap kemungkinan insiden yang dapat terjadi selama pelaksanaan Car Free Night.

"Di sirip-sirip Malioboro ada tenda Kesehatan dan ambulan untuk memberikan pertolongan kepada pengunjung," tambahnya.

Upaya untuk mengurai kepadatan tidak hanya sebatas penerapan Car Free Night di Tugu sampai Titik Nol. Pihak berwenang juga merencanakan event musik di beberapa titik seperti Prambanan dan Kridosono.

Dirlantas Polda DIY berharap bahwa dengan mengadakan sejumlah event di titik-titik strategis, kepadatan tidak akan terfokus hanya di Malioboro.

"Disinggung mengenai pelaksanaan libur Natal, Alfian mengakui berjalan dengan lancar dan tidak ada kemacetan lalu lintas. Yang ada hanyalah kepadatan, tapi tidak sampai macet. Ini wajar karena berdasarkan data yang masuk sudah ada lebih dari empat juta orang yang masuk DIY," pungkasnya.

Baca Juga : Car Free Night Malam Tahun Baru, Ini Jam Sudirman-Thamrin Ditutup