Wow! Harga Ayam Vietnam Ini Capai Rp39 Juta, Rasanya Gurih Bukan Kepayang

Ayam Dong Tao dari Vietnam menarik perhatian dengan ciri khasnya yang unik dan harganya yang fantastis. Baca selengkapnya di sini!

Wow! Harga Ayam Vietnam Ini Capai Rp39 Juta, Rasanya Gurih Bukan Kepayang
Wow! Harga Ayam Vietnam Ini Capai Rp39 Juta, Rasanya Gurih Bukan Kepayang. Gambar : straits.com

BaperaNews - Ayam Dong Tao, sebuah spesies unggas yang berasal dari Vietnam, telah menjadi buah bibir di dunia karena harga ayam yang fantastis mencapai puluhan juta rupiah. Berbeda dengan ayam biasa yang umumnya memiliki harga yang terjangkau, ayam Dong Tao terkenal akan ciri khasnya yang unik dan rasanya yang gurih.

Dikenal sebagai "ayam naga", ayam Dong Tao menarik perhatian dengan kaki atau ceker yang besar, bahkan sebesar pergelangan tangan manusia. Dagingnya juga dianggap memiliki tekstur yang lebih garing dan rasanya yang lebih gurih daripada ayam biasa.

Namun, kelangkaan ayam Dong Tao membuatnya sulit untuk diternakkan, yang kemudian meningkatkan harga jualnya secara signifikan.

Dalam sebuah laporan yang dikutip dari SAYS, harga sepasang ayam Dong Tao mencapai kisaran USD 2,500 atau sekitar Rp39 juta. Hal ini menjadikan ayam Dong Tao sebagai salah satu jenis ayam termahal di dunia.

Baca Juga: Babi dan Ayam di Uganda Diberi Minum Obat HIV Agar Gemuk

Ayam Dong Tao juga memiliki makna khusus bagi masyarakat Vietnam. Banyak orang di Vietnam yang percaya bahwa memakan daging ayam Dong Tao dapat membawa keberuntungan. Nama "Dong Tao" sendiri diambil dari sebuah desa di Vietnam tempat asal ayam ini.

Meskipun memiliki harga yang fantastis, ayam Dong Tao tidak dikonsumsi secara harian oleh masyarakat Vietnam. Biasanya, ayam ini disajikan khusus saat perayaan Tahun Baru Imlek atau Tet di Vietnam. Harga ayam Vietnam yang mahal ini membuat Dong Tao menjadi simbol status sosial bagi keluarga kalangan atas di Vietnam.

Tidak hanya ayam Dong Tao dari Vietnam, Indonesia juga memiliki ayam yang terkenal mahal, yaitu Ayam Cemani. Ayam Cemani terkenal dengan bulunya yang berwarna hitam legam, termasuk darah dan tulangnya. Spesies langka ini juga sulit untuk diternakkan, sehingga harga jualnya pun sangat tinggi, mencapai kisaran 5000 USD atau sekitar Rp78 juta rupiah.

Baca Juga: Hasil Uji Malaysia ke Indomie Ayam Spesial Usai Disebut Pemicu Kanker