Waspada! Modus Penipuan Baru Kiriman File PDF

Modus penipuan dengan cara sedot data rekening kembali marak terjadi. Setelah sebelumnya pelaku memakai modus pesan mendapat undangan pernikahan, kini muncul format file PDF.

Waspada! Modus Penipuan Baru Kiriman File PDF
Modus penipuan baru menggunakan kiriman file PDF. Gambar : Twitter/@txtdarionlshop

BaperaNews - Modus penipuan dengan cara sedot data rekening kembali marak terjadi. Setelah sebelumnya pelaku memakai modus pesan mendapat undangan pernikahan hingga paket yang data pancingannya memakai Apk, kini muncul format file PDF.

Cara modus penipuannya sama, berpura-pura kirim file PDF kepada korban dan meminta korban membuka file tersebut, ketika file PDF dibuka maka akan menyedot data korban dan membuat pelaku mengambil uang di rekening korban.

Sebab itu hindari merespon pesan dari orang tidak dikenal atau laporkan pada pihak berwajib jika mendapati pesan mencurigakan menjurus pada penipuan dan pencurian.

Seorang warganet di Twitter dengan akun @txtdarionlshop yang merupakan penjual online membagikan tangkapan layar dengan calon pembelinya yang mencurigakan.

“Akhir-akhir ini saya banyak dapat chat mengaku calon pembeli dari Tokopedia, Shopee, dan TikTok Shop, namun kebanyakan dari mereka mengarahkan untuk ngasih nomor WhatsApp. Mereka memberi pesan, ini list order saya kak, tolong cek dan ditotal ya kak”.

Mereka, lanjutnya, bermaksud memesan dalam jumlah banyak di luar jalur toko online dengan meminta nomor WhatsApp. Semua isi chat calon pembeli yang menurutnya mencurigakan itu hampir sama, setelah diberi nomor WhatsApp, mereka meminta membuka dokumen yang berformat file PDF.

Akun tersebut pun tak mau mau langsung percaya dan membuka file begitu saja, ia menyadari cara tersebut jadi salah satu metode penipuan dan pencurian data oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Ia mengungkap ciri filenya yang mencurigakan dan menjurus pada pencurian data. Berikut ciri modus penipuan file PDF

Baca Juga : Makin Marak, Begini Modus-Modus Penipuan Lewat WhatsApp

Ciri Modus Penipuan File PDF : 

  1. Nama extension filenya PDF, namun extension file semuanya huruf kecil .PDF
  2. Logo PDF yang dikirim tidak berwarna merah sebagaimana logo .PDF resmi yang seharusnya
  3. Tidak ada file previewnya
  4. Ukuran file yang dikirim besar

“Saya baru sadar setelah buka file tersebut langsung saya keluarkan dari data file itu, saat ini belum terjadi apa-apa, tapi takutnya ini memang penipuan untuk meretas data saya” imbuh akun tersebut.

Akun tersebut yakin file tersebut ialah nama file untuk meretas data yakni aplikasi .apk yang biasa dipakai untuk menipu sebelumnya dan namanya diubah jadi PDF.

“Ini yang saya perhatikan sebenarnya file .apk yang diubah nama jadi .PDF” pungkasnya.

Hindari Membuka File dari Orang Tidak Dikenal

Pegiat Keamanan Nikko Enggalino mengingatkan jangan sembarangan membuka file yang dikirim dari orang tidak dikenal.

“Tidak peduli apa ini otentik dengan apa yang beredar atau tidak aplikasi ini juga mencuri data SMS korban yang menginstalnya yang kemudian jadi titik awal pencurian saldo uang di aplikasi M Banking korban” tandas Nikko Enggalino.

Baca Juga : Waspada! Ada Modus Penipuan Undangan Pernikahan untuk Sedot Rekening Via WhatsApp