Penantian 13 Tahun, Inter Milan Kembali Lolos Final Liga Champions

Inter Milan berhasil mencapai final Liga Champions setelah penantian panjang lebih dari satu dekade. Mereka lolos ke babak final setelah menjamu AC Milan di Giuseppe Meazza pada Rabu (17/5) dini hari dan menguasai pertandingan sejak awal.

Penantian 13 Tahun, Inter Milan Kembali Lolos Final Liga Champions
Penantian 13 Tahun, Inter Milan Kembali Lolos Final Liga Champions. Gambar : REUTERS/Alberto Lingria

BaperaNewsInter Milan akhirnya bisa lagi tampil di final Liga Champions usai penantian panjang lebih dari satu dekade. Inter Milan menjamu AC Milan di Giuseppe Meazza hari Rabu (17/5) dini hari, Inter Milan berdiri dengan aman sejak menit awal.

Sebelumnya Inter Milan telah mendapat kemenangan 2-0 di leg pertama Semifinal Liga Champions. Meski kalah dalam penguasaan bola, Inter Milan justru bisa berikan serangan lebih tajam yakni 15 attempts yang 4 diantaranya berhasil berbuah gol.

Sedangkan Milan justru lebih sulit membuat peluang karena hanya punya 1 tembakan tepat sasaran di antara total 5 attempts.

Kebuntuan mulai pecah di menit ke-75 ketika Lautaro Martinez menjebol gawang yang dijaga Mike Maignan. Inter Milan mendapat 1 gol dan skor 1-0 bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat Inter Milan berhasil lolos ke final dengan unggul agregat 3-0.

Bagi Inter Milan, ini ialah pertama kalinya mereka bisa melaju ke puncak atau babak final setelah sebelumnya mereka terakhir berada di final pada tahun 2020. Ketika itu Inter Milan jadi juara usai kalahkan Bayern Munich 2-0 dan melengkapi Treble Winners. 

Baca Juga : Jadwal Final Sepakbola Sea Games 2023 Indonesia Vs Thailand Malam Ini

Inter Milan untuk keenam kalinya masuk babak final Liga Champions, sama dengan Ajax Amsterdam dan hanya kalah dari klub populer seperti Real Madrid 17 kali, Milan 11 kali, Liverpool 10 kali, Bayern Munich 11 kali, Barcelona 8 kali, Juventus 9 kali, dan Benfica 4 kali.

Hebatnya lagi, Inter Milan jadi tim pertama yang berhasil lolos final menjelang status runner up grupnya sejak Tottenham Hotspur dan Liverpool serta Juventus.

Kemenangan laga melawan AC Milan yang mengakibatkan Inter Milan lolos Final Liga Champions merupakan final ketiga yang dilalui oleh Inter Milan setelah mereka mengikuti Piala Super Italia dan Coppa Italia, serta setelah mengikuti jejak musim 2010/2011 di empat final Super Italia, Piala Super Eropa, Coppa Italia, serta Piala Dunia Antarklub.

Maka dengan Manchester City yang akan jadi lawannya, apakah Inter Milan akan bisa merebut “Si Kuping Besar” alias medali emas keempatnya? Jawabannya bisa ditemukan setelah laga final Liga Champions pada 11 Juni 2023 mendatang. Laga dimulai dini hari WIB pukul 02.00. Inter Milan akan bertemu dengan Man City.

Baca Juga : Timnas Indonesia Juara Grup A Sea Games 2023, Siap Melaju Ke Semi Final