Kini Google Tambah Fitur Pencarian Dengan AI, Industri Media Terancam

Google Search AI memperkenalkan fitur Search Generative Experience (SGE) yang memungkinkan pengguna menemukan gambar, video, dan konten lebih cepat dan mudah.

Kini Google Tambah Fitur Pencarian Dengan AI, Industri Media Terancam
Kini Google Tambah Fitur Pencarian Dengan AI, Industri Media Terancam. Gambar : Kreator BaperaNews Via Canva.com

BaperaNews - Google menambah fitur baru berupa Google Search AI yakni fitur Search Generative Experience atau SGE yang dibantu oleh kecerdasan buatan (AI). Pengguna bisa mendapat fitur baru, gambar, dan video dengan lebih mudah dan cepat.

Mengaktifkan Google Search AI memungkinkan pengguna bisa lebih banyak mendapat multimedia di kotak ringkasan atas hasil pencariannya atau Search Lab. Google Search AI membuat kotak ringkasan itu muncul lebih cepat dan menambahkan banyak konteks tautan ke kotak.

“Sekarang tidak selalu dibatasi dengan cara kerja pencarian yang sebelumnya” kata CEO Alphabet Inc Cundar Pichai.

Fitur baru Google Search AI Google SGE membuat pengguna bisa dengan mudah dan cepat mengetahui topic terbaru. SCE AI Google menyertakan gambar untuk memudahkan pengguna mendapat pemahaman lebih baik tentang yang dicari.

Dalam beberapa bulan mendatang, Google AI menambahkan video untuk hasil ringkasan pencarian yang berisi berbagai hal. Misalnya tentang posisi yoga, cara menghilangkan noda dari marmer, dan lainnya. Google AI akan tampilkan window ringkasan di hasil pencarian dengan menyertakan informasi yang berguna untuk pengguna. 

Baca Juga : Ingin Nambah Tempat dan Lokasi di Google Maps? Begini Caranya

SGE Google AI bermanfaat untuk membantu pengguna menemukan apa yang dicari dengan segera namun dengan ketepatan yang lebih. SGE berfungsi sebagai landasan launchpad untuk menjelajah konten wen. Dengan demikian akan muncul tawaran tautan ke hasil pencarian yang berada tepat di samping ringkasan dari Google AI.

Google juga menunjukkan tanggal publikasi tautan untuk membantu pengguna temukan informasi terbaru yang relevan dengan topic pencarian. Google ingin membuat halaman web discovering makin selaras dengan AI namun juga makin sederhana dan mudah dipahami. Pengguna bisa mendaftar ke Search Lab untuk mendapat akses dari fitur ini.

Fitur Google Search dengan bantuan AI telah tersedia di aplikasi Google untuk ponsel maupun desktop. Baik pengguna Google di ponsel Android maupun iOS dan web bisa segera mendaftar untuk mendapat pengalaman pencarian topik apapun dengan hasil lebih mudah, cepat, dan tepat untuk kepentingan belajar maupun pekerjaan.

AI memang telah banyak dimanfaatkan perusahaan untuk fitur dan kontennya. Perusahaan lain yang juga berencana untuk memakai AI ialah Meta untuk memudahkan pengguna membuat dan mengakses konten di Facebook dan Instagram.

Baca Juga : Google Drive Berhenti Beri Dukungan Untuk Windows 8