Viral Mahasiswa Baru Unhas Ngaku Non Biner, Ini Kata Pakar!

Belum lama ini seorang mahasiswa baru Unhas mengaku dirinya sebagai non biner viral di media sosial. Ini definisi non biner menurut pakar!

Viral Mahasiswa Baru Unhas Ngaku Non Biner, Ini Kata Pakar!
Belum lama ini seorang mahasiswa baru Unhas mengaku dirinya sebagai non biner viral di media sosial. Ini definisi non biner menurut pakar! Gambar : Unsplash.com/Dok. Dainis Graveris

BaperaNews - Belum lama ini seorang mahasiswa baru Universitas Hasanuddin (Unhas) yang mengaku dirinya sebagai non biner berujung diusir oleh dosennya saat mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Jurusan Hukum viral di media sosial. 

“Dia pakai kipas angin jalan kaki terus dilarang. Terus ditanya laki-laki atau perempuan, dia menjawab netral, bukan laki-laki bukan perempuan,” ujar Wakil Rektor III Fakultas Hukum Unhas, Hasrul. 

Terkait mahasiswa baru Unhas itu mengaku sebagai non biner, seorang pakar CSE Officer Rutgers, Sanyulandy Leowalu, SKM, M. Sexol memberikan definisi dari non biner. 

Ia mengatakan bahwa istilah tersebut merujuk pada seseorang yang tidak bisa mengidentifikasi dirinya sebagai laki-laki ataupun perempuan. Berbeda dengan istilah biner atau identitas gender yang menunjukkan pada jenis kelamin seseorang. 

“Biner atau non biner ini merupakan identitas gender seseorang, artinya bagaimana seseorang merasakan dirinya sendiri terhadap suatu gender,” ujarnya kepada detikhealth, Minggu (21/08). 

Non biner ini tidak masuk ke dalam kategori biner, tidak secara eksklusif maskulin ataupun feminin. 

Baca Juga : Viral! Mahasiswa Baru Unhas Diusir Dosen Usai Ngotot Ngaku Punya Gender Netral

“Tidak masuk dalam pengkategorian biner, tidak secara eksklusif maskulin atau feminim,” lanjut Master of Sexology, pakar dari Curtin University ini.

Menurut banyak orang, identitas gender mereka sejalan dengan jenis kelamin yang telah ditetapkan sejak mereka lahir. Kebanyakan orang juga sering menganggap identitas gender sebagai biner: pria atau wanita.

Namun, beberapa orang juga mungkin tidak dapat mengkonseptualisasikan identitas gendernya ke dalam istilah biner. Akan tetapi, mereka mungkin mempunyai perasaan yang kuat terkait jenis kelamin mereka tanpa pengenalan sebagai pria atau wanita. 

Namun, pakar tersebut menyatakan bahwa non biner tidak sama dengan definisi orientasi seksual. Keduanya memiliki terminologi yang jauh berbeda. 

“Non biner ini bukan orientasi seksual, ini identitas gender,” tutupnya. 

Perlu diketahui, mahasiswa baru Unhas yang sekarang viral di media sosial ini memang benar-benar membuat heboh, banyak yang mengatakan bahwa dirinya telah membuat malu kampusnya sendiri yakni Universitas Hasanuddin (Unhas).