Vaksin Covid-19 Berbayar Mulai 1 Januari 2024!

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ani Ruspitawati menyampaikan bahwa pemberian vaksin Covid-19 akan berbayar mulai 1 Januari 2024.

Vaksin Covid-19 Berbayar Mulai 1 Januari 2024!
Vaksin Covid-19 Berbayar Mulai 1 Januari 2024! Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Mulai 1 Januari 2024, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, memastikan bahwa pemberian vaksin Covid-19 akan menjadi layanan berbayar. Pengumuman vaksin Covid-19 berbayar ini disampaikan di Balai Kota Jakarta pada Rabu (27/12).

Meski begitu, Ani tidak memberikan rincian detail mengenai besaran biaya yang harus dikeluarkan masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19

Namun, ia menegaskan bahwa beberapa kelompok, terutama yang termasuk dalam kategori rentan, akan tetap mendapatkan vaksin secara gratis.

"Jadi vaksin Covid-19 berbayar, kecuali bagi kelompok-kelompok tertentu yang masih diberikan free," ungkap Ani, tanpa merinci lebih lanjut.

Baca Juga : Kemenkes RI Gencarkan Vaksinasi Booster Hadapi Lonjakan Covid-19 dan Varian Eris

Salah satu kelompok yang tetap mendapatkan vaksinasi gratis adalah mereka yang memiliki gangguan imunosupresan dan lansia. Bagi kelompok lainnya, pemberian vaksin akan dikenakan biaya.

Ani juga mengajak masyarakat untuk segera melengkapi vaksinasi Covid-19 hingga dosis kelima, mengingat penyebaran kasus Covid-19 masih mengalami tren peningkatan. Ia menegaskan bahwa ketersediaan vaksin masih mencukupi sampai saat ini.

Masyarakat yang berminat untuk divaksinasi dapat langsung mendatangi 44 puskesmas tingkat kecamatan di Jakarta. Selain itu, pilihan lainnya adalah melakukan vaksinasi Covid-19 di RSUD Tarakan dan Klinik Balai Kota Jakarta.

Baca Juga : Covid-19 Naik Kembali, Dinkes DKI Imbau Warga Pakai Masker dan Vaksinasi Dosis Kelima