Pemkot Bandung Buka Mudik Gratis 2023, Simak Syarat dan Cara Daftarnya!

Pemerintah Kota Bandung membuka program mudik gratis lebaran 2023 dengan berbagai rute antar provinsi dan rute dalam provinsi.

Pemkot Bandung Buka Mudik Gratis 2023, Simak Syarat dan Cara Daftarnya!
Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Pemkot Bandung 2023. Gambar : Instagram/@humas_bandung

BaperaNews - Program mudik gratis pemerintah terbaru datang dari Pemkot Bandung. Pendaftaran dibuka mulai 1 April 2023 secara online dan offline.

Kepala Diskominfo Bandung Yayan Brilyana mengungkap pendaftaran mudik gratis Pemkot Bandung 2023 hanya dibuka selama 10 hari, mulai 1 - 10 April 2023 atau bisa ditutup lebih cepat jika kuota jumlah penumpang telah terpenuhi.

Program ini dibuat demi kelancaran masyarakat dalam mudik lebaran 2023, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan pribadi yang menyebabkan kepadatan dan kemacetan lalu lintas.

Program mudik gratis Pemkot Bandung 2023 tersebut hanya dibuka untuk arus mudik, tidak untuk arus balik.

Baca Juga : Pemkot Cilegon Berikan Program Mudik Gratis Lebaran 2023, Ini Syaratnya!

Rute Tujuan Mudik Gratis Pemkot Bandung 2023

Bus akan dibagi menjadi dua jenis, yakni untuk rute antar provinsi dan rute dalam provinsi. Ada lima kota yang jadi rute kota tujuan mudik dalam provinsi yaitu :

  • Jalur selatan – Yogyakarta, Cirebon, Solo, Ciamis, Sukabumi

Titik pemberhentian di Pasar Limbangan, Kebasen / Purwokerto, Alun-alun Ciamis, Kebumen, Purworejo, dan Terminal Bus Yogyakarta

  • Jalur utara – Pekalongan, Brebes, Semarang, Solo

Titik pemberhentian di rest area Brebes, terminal bus Semarang, rest area Pekalongan, terminal bus Solo.

Pemudik berangkat pada Sabtu, 15 April 2023. Untuk rute kota antar provinsi, pihak Pemkot Bandung belum memberi informasi, calon pemudik bisa menanyakan rutenya langsung ketika mendaftar.

Syarat Peserta Mudik Gratis Pemkot Bandung 2023

Calon peserta terbuka untuk semua warga Bandung tanpa mengenal status sosial kaya dan miskin, semua boleh mendaftar dengan membawa :

  • KTP dan KK.
  • Mempunyai nomor telepon yang aktif.
  • Sudah mendapat vaksin Covid-19 minimal dosis kedua dibuktikan dengan sertifikat vaksin.

Cara Daftar Mudik Gratis Pemkot Bandung 2023

Ada dua cara daftar mudik gratis Pemkot Bandung 2023 yakni secara online melalui laman bit.ly/mudikgratiskotabandung2023 dan isi formulir yang disediakan atau secara offline dengan datang ke Kantor Dishub Leuwipanjang dan Booth Boseh Alun-alun Utara Bandung dengan membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

“Selain mendaftar online, warga juga bisa mendaftar langsung di Kantor Dishub Leuwi Panjang atau Booth Boseh Alun-Alun Utara Bandung” tutur Yayan Brilyana.

Pendaftaran mudik gratis Pemkot Bandung 2023 dibuka mulai 1-10 April 2023 pukul 08.00-15.00 WIB. Informasi lebih lengkap bisa disimak di bandung.go.id/news. Demikian informasi mudik gratis dari Pemkot Bandung, semoga bermanfaat!

Baca Juga : Polres Bogor Siapkan 10 Bus Untuk Mudik Gratis, Begini Cara Daftarnya!