Usai Bela Palestina, Youcef Atal dan Anwar El Ghazi Dibekukan dari Klubnya

Pemain sepakbola Eropa yang membela Palestina dibekuk dari klub-klub mereka. Simak selengkapnya!

Usai Bela Palestina, Youcef Atal dan Anwar El Ghazi Dibekukan dari Klubnya
Usai Bela Palestina, Youcef Atal dan Anwar El Ghazi Dibekukan dari Klubnya. Gambar : Kolase Instagram/@youcefatal/elghazi21

BaperaNews - Beberapa pesepakbola di Eropa baru-baru ini menyatakan dukungan mereka kepada Palestina sebagai respons terhadap serangan Israel di Jalur Gaza. Namun, tindakan mereka ini berujung pada pembekuan oleh klub sepakbola yang mereka bela.

Serangan oleh pasukan militer Israel terjadi di kompleks rumah sakit RS Baptis Al-Ahli di Jalur Gaza pada Rabu (18/10) dini hari WIB dan dilaporkan menewaskan lebih dari 500 orang di lokasi tersebut, termasuk banyak anak-anak. Serangan tersebut menuai kecaman di seluruh dunia, dan beberapa pemain sepakbola Eropa secara terbuka menyuarakan keprihatinan mereka terhadap Palestina.

Namun, sayangnya, beberapa pemain sepakbola Eropa yang mendukung Palestina malah menghadapi konsekuensi serius dari klub sepakbola mereka. Dua di antara mereka adalah Anwar El Ghazi, pemain Bundesliga dari klub Mainz 05, dan Youcef Atal, pemain Nice dari Liga Prancis.

Anwar El Ghazi mengungkapkan dukungannya terhadap Palestina melalui media sosial pribadinya, menyebut serangan Israel sebagai "genosida" dan merasa pilu melihat penderitaan rakyat Palestina. Namun, klubnya, Mainz 05, menganggap pernyataan ini tidak sejalan dengan nilai-nilai klub. 

Baca Juga : Israel Punya Daftar Tokoh Palestina yang Siap Dibunuh

FSV Mainz 05 mengumumkan bahwa mereka memutuskan untuk membebaskan Anwar El Ghazi dari latihan dan tugas terkait pertandingan sebagai respons terhadap postingan sosial media yang dihapus oleh pemain tersebut. Dalam pernyataannya, klub menjelaskan bahwa pernyataan El Ghazi tidak sejalan dengan nilai-nilai klub, meskipun klub menghargai beragam perspektif dalam konflik di Timur Tengah.

Kejadian serupa juga dialami oleh Youcef Atal, pemain asal Aljazair yang membela klub OGC Nice di Liga Prancis. Atal menyatakan dukungannya kepada Palestina atas serangan Israel ke Gaza dan memposting pesan-pesan terkait konflik tersebut di media sosial. Klub Nice telah menangguhkan Atal sebagai respons terhadap postingan tersebut, meskipun Atal telah menghapus seluruh postingan tersebut dan meminta maaf kepada klub.

Ada pemain lain seperti Mohamed Salah dan Karim Benzema yang juga menyatakan dukungan mereka kepada Palestina, namun klub masing-masing pemain, Liverpool dan Al Ittihad, belum mengambil tindakan terhadap mereka.

Terlepas dari kontroversi ini, para pemain sepakbola tetap memiliki hak untuk menyuarakan pendapat mereka. 

@baperanews.com Pemain sepakbola Eropa yang membela Palestina dibekuk dari klub-klub mereka. Dua di antara mereka adalah Anwar El Ghazi, pemain Bundesliga dari klub Mainz 05, dan Youcef Atal, pemain Nice dari Liga Prancis #sepakbola #palestina #eropa #baperanews ♬ News - AShamaluevMusic

Baca Juga : Imbas Konflik Palestina Israel: Bocah Asal Palestina Tewas Ditikam di Amerika Serikat