Toko Roti Legendaris di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi!

Roti merupakan makanan yang tak pernah lekang oleh waktu. Simak daftar toko roti legendaris di Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini.

Toko Roti Legendaris di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi!
Toko roti legendaris di Indonesia. Gambar : unsplash.com/Dok. Andy Li

BaperaNews - Roti adalah salah satu makanan yang sudah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari orang Indonesia. Baik sebagai sarapan pagi, makan siang, atau makan malam, roti selalu menjadi pilihan yang praktis dan lezat. Tidak heran jika industri roti di Indonesia semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun.

Namun, di balik perkembangan industri roti modern yang begitu pesat, masih ada toko roti tradisional yang tetap bertahan hingga sekarang. Bahkan, beberapa di antaranya sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu. 

Beberapa toko roti legendaris di Indonesia sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan masih berdiri teguh hingga sekarang. Kualitas rasa yang lezat, tekstur yang sempurna, serta aroma yang menggoda dari toko-toko roti jadul ini telah menarik perhatian masyarakat luas dan turis sepanjang masa.

Pada kesempatan ini Bapera News akan memberi kamu toko roti legendaris di Indonesia yang patut kamu kunjungi.

Toko roti legendaris di Indonesia ini memiliki berbagai inovasi dalam pembuatan roti telah menghasilkan kreasi-kreasi baru yang menggugah selera kamu.

Daftar Toko Roti Tertua di Indonesia : 

1. Toko Roti Go

Toko Roti Go. Gambar : arifsetiawan.com

Toko Roti Go merupakan toko roti legendaris di Purwokerto yang sudah berdiri sejak tahun 1898.  Toko ini dikenal dengan roti khasnya yaitu roti tawar yang empuk dan lezat, serta kue-kue tradisionalnya yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi. Selain itu, Toko Roti Go juga menawarkan pastry, cake dan kue kering yang tidak kalah lezat.

2. Roti Lauw

Roti Lauw. Gambar : Instagram/@peach_jazz

Berdiri sejak tahun 1940-an, Roti Lauw merupakan toko roti legendaris di Jakarta yang menawarkan aneka roti dan kue dengan cita rasa khas. 

Roti Lauw dikenal dengan cara berjualannya yang unik menggunakan gerobak sepeda bertulisan “Lauw” dan para pedagang berkeliling berjualan roti ini. Salah satu produk yang paling terkenal dari toko roti Lauw adalah roti gambang hingga roti buaya yang dipesan untuk acara lamaran pernikahan.

3. Toko Oen

Toko Oen. Gambar : Instagram/@tokooen

Toko Oen adalah salah satu toko roti legendaris di Jogja yang sudah ada sejak tahun 1922. Toko roti ini terkenal dengan roti panggangnya yang empuk dan lezat, serta es krim homemade-nya yang terkenal enak. Toko Oen juga memiliki dekorasi interior yang khas, dengan meja-meja dan kursi-kursi dari kayu jati yang dipadukan dengan dekorasi vintage.

4. Tan Ek Tjoan

Tan Ek Tjoan. Gambar : IDZ Creators/Jafriyal

Toko roti legendaris di Bogor satu ini sudah berdiri sejak tahun 1921. Tan Ek Tjoan dikenal dengan ciri khas roti bertekstur keras. 

Toko roti Tan Ek Tjoan juga menawarkan berbagai jenis kue dan roti lain yang tidak kalah nikmat.

5. Roti Djoen

Roti Djoen. Gambar : Instagram/@apamasak

Roti Djoen adalah toko roti legendaris di Yogyakarta sudah ada sejak tahun 1935. Toko ini terkenal dengan roti pisang dan roti sobeknya yang memiliki tekstur empuk dan rasa manis yang pas.

6. Toko Roti Orion

Toko Roti Orion. Gambar : Instagram/@hardingferrent

Toko Roti Orion menjadi toko roti legendaris di Solo yang telah berdiri sejak tahun 1932. Terkenal dengan produk roti Orion Mandarijn yang memiliki dua sisi roti coklat dan kuning yang lezat dan empuk. 

7. Toko Sidodadi

Toko Sidodadi. Gambar : kompas.com/Reni Susanti

Toko roti legendaris di Bandung yang berdiri sejak tahun 1954. Menawarkan aneka roti dengan isian manis dan isian asin. Produk roti di Toko Sidodadi ini tentu saja memiliki tekstur yang empuk dan rasanya yang enak, sehingga wajib kamu cicipi.

8. Sanitas Bakery

Sanitas Bakery. Gambar : wowkeren.com

Sanitas Bakery merupakan toko roti legendaris di Semarang yang telah berdiri sejak tahun 1920. Saat kamu berada di Sanitas Bakery kamu akan menemukan berbagai jenis roti, mulai dari kue kering, jajanan pasar, pastry, puding hingga cake jadul.

9. Maison Weiner

Maison Weiner. Gambar : kompas.com/Krisda Tiofani

Salah satu toko roti legendaris di Jakarta yang telah berdiri sejak tahun 1936 ialah Maison Weiner yang menawarkan aneka roti dan kue dengan cita rasa Eropa, toko ini dikenal dengan roti manis dan roti sehat, salah satunya roti Sourdough yang wajib kamu cicipi. 

10. Omah Roti Djogja

Omah Roti Djogja. Gambar : Instagram/@omahrotidjogja

Omah Roti Djogja merupakan toko roti legendaris di Yogyakarta yang telah berdiri sejak tahun 1966. Terkenal dengan roti tradisional yang patut kamu cobain.

Itulah daftar toko roti legendaris di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Dari Jakarta, Semarang, Jogja hingga Bandung, toko-toko roti ini telah menjadi saksi bisu perkembangan kuliner di Indonesia. 

Selain menawarkan aneka roti dan kue dengan cita rasa yang lezat, toko-toko roti jadul juga menghadirkan suasana khas yang membuat kamu merasa nyaman saat berkunjung. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi toko-toko roti legendaris di Indonesia dan nikmati aneka roti dan kue yang lezat serta menggugah selera!