Terapkan Kurikulum OBE, Telkom University Siapkan Lulusan Di Level Global

Rektor Telkom University (Tel-U). Prof Adiwijaya mengungkapkan Tel-U akan implementasikan Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) dan siapkan lulusan di level global.

Terapkan Kurikulum OBE, Telkom University Siapkan Lulusan Di Level Global
Telkom Univesrity terapkan kurikulum OBE. Gambar : ayobandung.com

BaperaNews - Rektor Telkom University (Tel-U). Prof Adiwijaya mengungkapkan Tel-U siap berkomitmen untuk mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) untuk meningkatkan sistem pendidikan yang lebih baik.

Hal ini disampaikan langsung oleh Prof. Adiwijaya dalam workshop Awareness Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) yang dilaksanakan pada Jumat (22/7/2022). Workshop ini sekaligus menjadi peresmian komitmen implementasi Kurikulum OBE di Telkom University.

Tak hanya itu, workshop yang juga dihadiri oleh seluruh Ketua Program Studi dari 7 fakultas yang terdapat di Telkom University, terdapat pelaksanaan Pre-Test dan Post-Tes pada awal dan akhir kegiatan acara. Hal ini bertujuan untuk mengetahui knowledge yang diserap oleh para Kaprodi sebelum dan sesudah menerima materi terkait konsep dasar OBE dan Impelementasi OBE di Telkom University. 

Prof. Adiwijaya menyampaikan bahwa sebelum menerapkan kurikulum OBE, mereka harus mengerti terlebih dahulu apa itu OBE sehingga dapat mencapai kompetesi yang diharapkan.

Baca Juga : Syarat, Link Daftar, Dan Cakupan Beasiswa Teladan Tanoto Foundation, Hingga Agustus!

“Kita ingin Tel-U mampu mengemban tugas negara dengan terencana, untuk mencerdaskan generasi bangsa. Membangun bangsa ini perlu komitmen. Kurikulum OBE ini dibuat agar sistem pendidikan kita mencapai kompetensi yang diharapkan. Sebelum sistemnya terbentuk, kita perlu memahami dulu apa itu OBE, ketika sistem siap kita sudah bisa implementasi.” tutur Prof. Adiwijaya.

Prof. Adiwijaya juga menjelaskan Outcome Based Education (OBE) merupakan pendidikan yang akan berpusat pada outcome bukan hanya materi yang harus diselesaikan. OBE mengukur hasil pembelajaran (Outcome) dan memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan baru yang mempersiapkan mereka pada level global.

Sejalan dengan itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dadan Rahadian menyampaikan agar Telkom University dapat memberikan service excellence bagi stakeholder khususnya mahasiswa,

implementasi Kurikulum OBE ini dinilai satu langkah memberikan pelayanan terbaik dalam kegiatan pengajaran. “Melalui workshop OBE ini, untuk memberikan awareness serta pemahaman yang merata bagi rekan-rekan pengajar. Implementasi OBE ini diharapkan dapat memberikan kepastian economic outcome bagi mahasiswa selaku stakeholder," jelas Dadan.

"Pelayanan terbaik perlu kita berikan, salah satunya mampu menyampaikan materi dengan kompetensi yang sesuai. Semoga apa yang rekan-rekan peroleh dari workshop ini, bisa bermanfaat,” sambungnya.

Baca Juga : 9 Daftar PTN Yang Membuka Jalur Mandiri Dengan Nilai UTBK Hingga Bulan Agustus!