Setelah Resmi Buka KTT ASEAN 2023, Fahd A Rafiq Setuju Dengan Presiden Jokowi Wujudkan Pusat Pertumbuhan ASEAN

Presiden Jokowi menekankan potensi besar ASEAN sebagai pusat pertumbuhan global dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN.

Setelah Resmi Buka KTT ASEAN 2023, Fahd A Rafiq Setuju Dengan Presiden Jokowi Wujudkan Pusat Pertumbuhan ASEAN
Setelah Resmi Buka KTT ASEAN 2023, Fahd A Rafiq Setuju Dengan Presiden Jokowi Wujudkan Pusat Pertumbuhan ASEAN. Gambar : Dok. Istimewa

BaperaNews - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa ASEAN memiliki modal yang besar untuk menjadi pusat pertumbuhan atau epicentrum of growth. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, Presiden menekankan pentingnya negara-negara ASEAN untuk bekerja lebih kompak dan gesit.

Hal tersebut disampaikan Presiden saat membuka Sesi Pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (09/04).

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, berpendapat setuju dengan langkah Presiden Jokowi untuk wujudkan pusat pertumbuhan ASEAN, negara-negara yang tergabung  anggota ASEAN untuk terus besinergi untuk menciptakan pertumbuhan kedepannya.

“Setelah resmi buka KTT ASEAN 2023 oleh Presiden Jokowi, saya menilai langkah Presiden Jokowi dalam membuka sesi pleno KTT KE-43 selasa kemarin merupakan upaya Indonesia sebagai Keketuan ASEAN untuk mengambil langkah untuk ASEAN menjadi pusat pertumbuhan, Pembahasan ini agar Negara-negara keanggotaan ASEAN agar dapat untuk lebih bekerja lebih kompak dan gesit, karena menurut saya kunci dari mewujudkan pertumbuhan ASEAN, adalah dengan bekerja sama yang menjadi landasan untuk kelancaran mewujudkan Pertumbuhan di wilayah ASEAN.” Ujar Fahd A Rafiq Rabu, (6/9/23).

ASEAN juga perlu merumuskan strategi jangka panjang yang relevan. Oleh karena itu, Presiden mengapresiasi dukungan negara ASEAN dalam pembahasan ASEAN Concord IV yang akan menjadi fondasi untuk penyusunan Visi Masyarakat ASEAN 2045.

“Saya harapkan setelah adanya pembahasan dalam Sesi Pleno KTT ASEAN ini,agar seluruh negara anggota ASEAN juga dapat bekontribusi, dengan bekerja sama menciptakan Pusat Pertumbuhan di ASEAN untuk kedepannya, ini momentum Indonesia yang sedang memegang Keketuaan ASEAN untuk dapat mewujudkannya.” Tutup Fahd A Rafiq.

Selain itu, Presiden juga menggarisbawahi pentingnya ASEAN untuk memperkuat kerja sama dan kolaborasi yang inklusif antara negara-negara ASEAN dengan mitra di kawasan Indo-Pasifik sehingga menjadikan ASEAN sebagai epicentrum of growth. 

Kerja sama tersebut dilakukan, antara lain, melalui kerja sama Sekretariat ASEAN dengan Sekretariat Pacific Island Forum (PIF) dan Indian Ocean Rim Association (IORA) maupun pendekatan ekonomi dan pembangunan melalui ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) sehingga ASEAN bisa berdampak bagi rakyatnya dan juga bagi dunia.

Penulis : FNID