Sejak Semalam Netizen Ramai Komplain DM Di Instagram Down

Saat malam hari tanggal 5 Juli 2022 fitur Direct Message di Instagram dilaporkan sedang alami down dan netizen beri laporan eror sebanyak 2138 laporan.

Sejak Semalam Netizen Ramai Komplain DM Di Instagram Down
Netizen ramai-ramai komplain direct message di Insagram down. Gambar : funx.nl

BaperaNews - Sejak Selasa, 5 Juli 2022 pada malam hari, fitur Direct Message di Instagram tengah dilaporkan down. Berdasarkan informasi yang diunggah oleh situs Down Detector, pada hari Rabu, 6 Juli 2022 pukul 14.35 WIB, Instagram masih down. Laporan error paling banyak masuk pada hari Selasa, 5 Juli 2022 pukul 22.18 yang jumlahnya mencapai 2138 laporan.

Sementara itu, pada hari Rabu, 6 Juli 2022, puncak laporan yang diterima terjadi pada pukul 10.18 WIB sebanyak 1916 laporan. Lewat dari pukul 10.18 WIB, laporan yang masuk mulai menurun, dimana pada pukul 14.18 WIB tersisa 485 laporan saja usai downnya fitur Direct Message (DM).

Seperti yang sudah diketahui, bahwa Down Detector hanya akan melaporkan kejadian dimana saat jumlah laporan terkait dengan masalah yang muncul terhitung lebih tinggi jika dibandingkan dengan volume normal.

Akibat adanya gangguan tersebut, warganet dari ruang lingkup lokal maupun internasional banyak yang mengunggah berbagai keluahan yang dirasakannya melalui akun twitter.

Tagar dengan hastag #Instagramdown pun sempat beberapa kali menjadi trending topic di media sosial twitter. Pengguna yang memposting tagar tersebut dengan jumlah 22,6 ribu. Jumlah yang tidak sedikit.

Pihak media sosial Instagram dan meta sampai saat ini masih belum ada yang memberikan tanggapan maupun memberikan komentar terkait dengan gangguan yang terjadi dalam ruang lingkup global.

Baca Juga : Bocor 1 Juta Data Penduduk China Di Dark Web, Pencurian Terbesar Sejarah Dunia Hacker

Beberapa komentar netizen yang diunggah di twitter antara lain :

“Me yelling at Instagram to fix the dm problem,” tulis akun bernama @nyaniela.

“Me refreshing my Instagram feed for  the 73 th time only to realize #instagramdown again” unggah  akun bernama @somethingmemss

“All of us coming to twitter to confirm Instagram is down. And my Instagram DMS still not working #Instagramdown,” unggah akun bernama @iamfarhana21.

Mengingat pengguna media sosial Instagram di seluruh dunia sangat banyak hingga jutaan akun, dengan bermasalahnya beberapa fitur yang ditawarkan, salah satunya Direct Message, pasti akan berimbas pada ketidaknyamanan para penggunanya.

Terlebih lagi jika penggunanya adalah konten kreator, influencer, pebisnis yang bergantung pada Instagram sebagai wadah digital marketing, tentu akan sangat terganggu. Bahkan diprediksikan kerugian karena dampak Instagram down pun tak bisa dihindari. Hingga hari Rabu, 06 Juli 2022 sore, laporan terkait eror atau fitur Direct Message (DM) di Instagram sudah mulai membaik.