Resmi! Prabowo Subianto Umumkan Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka secara resmi diumumkan sebagai cawapres Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden 2024 oleh Partai Gerindra.

Resmi! Prabowo Subianto Umumkan Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024
Resmi! Prabowo Subianto Umumkan Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. Gambar : Dok. Tim Media Prabowo Subianto

BaperaNews - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, secara resmi mengumumkan Gibran Rakabuming Raka, anak sulung Presiden Joko Widodo, sebagai calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Pengumuman ini terjadi pada Minggu malam (22/10), setelah pertemuan penting pemimpin partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang diadakan di kediaman Prabowo di Kebayoran Baru, Jakarta.

"Koalisi Indonesia Maju (KIM) baru saja menyelesaikan diskusi final dan konsensus, dengan kesepakatan bulat untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden Koalisi dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden." jelas Prabowo Subianto.

Sebelumnya, Partai Golkar secara resmi mendeklarasikan dukungannya untuk Gibran sebagai pasangan Prabowo Subianto dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang diadakan pada Sabtu, (21/10) Airlangga Hartarto, Ketua Partai Golkar, mengonfirmasi pencalonan Gibran sebagai cawapres Prabowo.

"Berdasarkan diskusi dengan Ketua DPD malam sebelumnya, ada rekomendasi bulat untuk menggandeng Mas Gibran dengan Pak Prabowo sebagai calon presiden dan calon wakil presiden potensial untuk Republik Indonesia." ujar Airlangga Hartanto.

Baca Juga : Gibran Rakabuming Temui AHY di Kediamannya, Minta Restu Demokrat?

Setelah mendapatkan dukungan resmi, Gibran menyatakan komitmennya untuk mengoordinasikan hasil pertemuan pleno pertama dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas II) Partai Golkar bersama Prabowo.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Golkar; saya sangat menghargai hasil pertemuan yang diadakan sebelumnya pada hari ini." ujar Gibran.

Sebelum Gibran menjadi cawapres Prabowo, Puan Maharani, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), mengungkapkan bahwa Gibran telah memberitahu partainya secara pribadi mengenai niatnya menjadi cawapres pada Pilpres 2024 dalam pertemuan pada malam Jumat, (20/10).

"Kemarin malam saya bertemu dengan Mas Gibran, di mana Mas Gibran menyebut kemungkinan akan bersaing dalam Pemilihan Presiden 2024."

Sementara itu, Presiden Joko Widodo, sebagai orang tua Gibran Rakabuming Raka, merespons dukungan untuk putranya menjadi calon wakil presiden Prabowo. Beliau mengatakan sebagai orang tua, peran dan kewajibannya terbatas pada memberikan doa dan restu atas keputusan yang diambil oleh Gibran. 

"Sebagai orang tua, tugas kita hanyalah memberikan doa dan memberikan restu." ucap Jokowi.

blockquote class="tiktok-embed" cite="https://www.tiktok.com/@baperanews.com/video/7293000698294193414" data-video-id="7293000698294193414" style="max-width: 605px;min-width: 325px;" >

@baperanews.com Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, secara resmi mengumumkan Gibran Rakabuming Raka, anak sulung Presiden Joko Widoddo, sebagai calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang #prabowo #gibranrakabuming #cawapres2024 ♬ Breaking News, TV Shows, Report, Broadcast, Live, Serious, Business, World(1323125) - SAKUMAMATATA