Rangkuman Situasi Rusia Vs Ukraina Terkini, Senin 28 Maret

Sebulan lebih berjalan, Rusia masih melanjutkan operasi militer di Ukraina dan menyatakan fase pertama serangan militernya telah tercapai dan akan fokus untuk mendapatkan Ukraina Timur.

Rangkuman Situasi Rusia Vs Ukraina Terkini, Senin 28 Maret
Situasi Rusia Vs Ukraina Terkini. Gambar: Reuters/ Dok. Marko Djurica

BaperaNews - Sebulan lebih Rusia masih melanjutkan operasi militer di Ukraina, Rusia menyatakan tujuan pertama serangan militernya telah tercapai dan kini mereka fokus untuk mendapatkan Ukraina Timur. Salah satu kabar mengejutkan datang dimana akan dilakukan negosiasi di Turki mulai hari 28 Maret 2022 sampai hari Rabu 30 Maret 2022.

Selain itu, ada juga kabar lainnya terkait perang Rusia dan Ukraina yang kami rangkum dalam berita berikut.

  1.       Volodymir Zelensky Minta 1% Alutsista NATO

Presiden Ukraina, Volodymir Zelensky meminta 1% dari tank dan pesawat pertahanan  NATO, permintaan tersebut ia sampaikan dalam komunitas internasional agar dikirim bantuan ke negaranya.

Dalam video yang disampaikan hari Sabtu 26 Maret 2022 tersebut, Volodymir Zelensky mengatakan negaranya butuh memperkuat keamanan bersama Eropa, ia mengaku selama 31 hari sudah menunggu mendapat bantuan militer yang signifikan.

  1.       Rusia Ukraina Berunding di Turki

Perundingan Rusia dan Ukraina akan kembali dilakukan di Turki mulai hari ini 28 Maret 2022, sebelumnya perundingan tidak pernah berhasil karena masing-masing Negara kukuh akan kemauannya.

Baca Juga: Klaim Fase 1 Perang Selesai Rusia Kini Fokus Rebut Ukraina Timur

“Telah Diputuskan untuk menggelar pertemuan berikutnya dalam dua delegasi di Turki pada tanggal 28 – 30 Maret 2022” ujar negosiator Ukraina, David Arakhamia hari Minggu 27 Maret 2022.

Sebelumnya Presiden Turki, Tayyip Erdogan setuju untuk jadi tuan rumah dalam perundingan tersebut, ia menelepon Presiden Rusia, Vladimir Putin bahwa ia siap berkontribusi apapun untuk menjamin gencatan senjata di Ukraina dan mendorong situasi kemanusiaan.

Negosiasi terakhir sebelumnya dilakukan tanggal 10 Maret 202 namun tidak mencapai kesepakatan.

  1.       Stasiun Bawah Tanah Disulap jadi Pengungsian Warga

Stasiun KA bawah tanah di Kharkiv kini disulap jadi tempat mengungsi untuk warga sipil Ukraina, meski banyak orang memutuskan untuk mengungsi, masih ada warga sipil yang bertahan di kota terpadat kedua Ukraina tersebut, setidaknya 700 orang berlindung di stasiun tersebut. Mereka memakai gerbong kereta untuk beristirahat.

  1.       4 Rudal Meledak di Barat Ukraina

Rusia diduga meledakkan 4 rusak ke kota Volyn, wilayah bagian barat Ukraina pada hari Sabtu 26 Maret 2022 malam, ledakan terdengar oleh warga sekitar pukul 21.00 waktu setempat, peluncuran rudal diduga dari Belarus. “Tiga dari empat roket jatuh setelah ditembakkan ke langit” ujar Kepala Administrasi Militer Regional, Puhuliako Minggu 27 Maret 2022.

Baca Juga: Jelang G20, BMKG Dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Gelar Simulasi Hadapi Gempa Dan Tsunami