PPKM Makin Longgar, Volume Lalu Lintas Tol Jasa Marga Naik 63 Persen

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) semakin longgar maka volume lalu lintas tol jasa marga naik 63 persen. Kenaikan ini dianggap sangat drastis dan cukup menggembirakan.

PPKM Makin Longgar, Volume Lalu Lintas Tol Jasa Marga Naik 63 Persen
PPKM Makin Longgar, Volume Lalu Lintas Tol Jasa Marga Naik 63 Persen. Gambar : Dok PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

BaperaNews - Peningkatan penggunaan jalan tol mengalami peningkatan sejalan dengan pelonggaran PPKM yang dilakukan pemerintah di sejumlah daerah. Peningkatan ini terlihat dari data volume lalu lintas tol PT Jasa Marga yang meningkat sebanyak 63 persen. Kenaikan ini dianggap sangat drastis dan cukup menggembirakan.

Reza Febriano (Corporate Secretary PT Jasa Marga Tbk) memberikan penjelasan mengenai histori sistem terhadap realisasi volume lalu lintas dengan perhitungan rata – rata harian (LHR) pada bulan Oktober 2021.

Menurut penjelasan Reza Febriano (Corporate Secretary PT Jasa Marga Tbk), terdapat peningkatan yang cukup drastis dari data LHR PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam ruang lingkup seluruh Indonesia, setidaknya terdapat 63,03 persen peningkatan pada bulan Oktober 2021.

Bisa dikatakan mengalami peningkatan karena berdasarkan penarikan data yang diambil dari bulan Juli 2021 saat dalam kondisi darurat, kemudian dibandingkan dengan data yang ditarik pada bulan Oktober 2021.

Pada bulan Agustus 2021 saja saat sedang diberlakukan PPKM level 4, setidaknya peningkatan yang tercatat di sistem PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 25,23 persen hingga bulan Oktober 2021.

“Untuk kenaikan LHR pada bulan September sendiri sekitar 6,64 persen pada pemberlakuan PPKM level 3 terhitung sampai bulan Oktober 2021,” kata Reza Febriano (Corporate Secretary PT Jasa Marga Tbk).

Peningkatan mobilitas akan terus terjadi mengingat dari bulan September 2021 terus terjadi lonjakan. Penurunan level PPKM juga menjadi angin segar bagi semua kalangan masyarakat.

“Hingga akhir tahun, diprediksikan tren peningkatan mobilitas akan terus terjadi khususnya pada Jalan Tol Jasa Marga Group,” tambahnya.

Berikut terdapat data peningkatan mobilitas tertinggi di ruang Jalan Tol Jasa Marga Group, antara lain Jalan Tol Dalam Kota setidaknya tercatat 492.000 kendaraan yang melintas setiap harinya. Kemudian Jalan Tol Jakarta menuju Cikampek, setidaknya tercatat ada 450.000 kendaraan yang melintas setiap harinya. Di urutan selanjutnya ada Tol Jagorawi, tercatat ada 394.000 kendaraan yang melintas setiap harinya.

Reza Febriano (Corporate Secretary PT Jasa Marga Tbk) menegaskan, bahwa pihak Jasa Marga Group akan terus meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat seiring dengan peningkatan penggunaan ruang Jalan Tol Jasa Marga Group.