Jokowi Kumpulkan Seluruh Pejabat Polri, Kapolda, Kapolres Di Istana Negara

Presiden Jokowi mengumpulkan seluruh pejabat utama di Mabes Polri, Kapolda, dan Kapolresta untuk diberi pengarahan di Istana Negara, pada Jumat (14/10).

Jokowi Kumpulkan Seluruh Pejabat Polri, Kapolda, Kapolres Di Istana Negara
Presiden Jokowi mengumpulkan seluruh pejabat utama di Mabes Polri, Kapolda, dan Kapolresta untuk diberi pengarahan di Istana Negara, pada Jumat (14/10). Gambar : ANTARA/HO Biro Pers Setpres

BaperaNews - Siang hari ini, Jumat (14/10) pukul 14.00 WIB, Presiden Jokowi memanggil seluruh pejabat utama di Mabes Polri, Kapolda, dan Kapolresta untuk diberi pengarahan di Istana Negara.

Nampaknya undangan dan materi yang disampaikan sangat penting dan rahasia, Jokowi dikabarkan akan memberi komando khusus kepada Kapolri dan seluruh jajarannya secara sangat rahasia. Hal itu tergambar dari sejumlah aturan untuk mereka yang diundang.

Undangan tersebut tertuang dalam surat Telegram nomor STR/764/X/HUM.1/2022 tertanggal 12 Oktober 2022 yang juga menjelaskan sejumlah aturan kedatangan. “Hasil rakor melalui zoom cloud meeting pada Rabu (12/10) pukul 10.00 WIB yang dipimpin Kasetpres, tentang rencana pengarahan Presiden Jokowi kepada seluruh jajaran kepolisian” bunyi awal surat undangannya.

Berikut aturan lengkap untuk seluruh pejabat yang diundang :

  1.       Datang sendirian, tidak didampingi siapapun termasuk ajudan.
  2.       Wajib memakai pakaian dinas lapangan.
  3.       Dilarang memakai penutup kepala atau topi.
  4.       Dilarang membawa tongkat komando.
  5.       Dilarang membawa handphone.
  6.       Membawa alat tulis.

“Peserta tidak diperbolehkan membawa ADC maupun HP, hanya membawa buku catatan dan pulpen” bunyi kutipan isi undangannya.

  1.       PCR terlebih dahulu.
  2.       Ibadah shalat Jumat hanya boleh dilaksanakan di Gedung Krida Bhakti Sekretariat Negara.

“Menindaklanjuti rapat koordinasi tersebut, diharapkan kepada pejabat utama Mabes Polri dan Kapolda serta jajaran Kapolres untuk hadir guna giat pengarahan Presiden yang dimaksud” tutup surat undangan tersebut.

Acara wajib dihadiri oleh seluruh pejabat Mabes Polri, Kapolda seluruh Indonesia, para perwira tinggi dan menengah, dan Kapolrestabes seluruh Indonesia.

Untuk hal yang disampaikan Jokowi masih rahasia, Jokowi mempersilahkan publik untuk menantikannya. “Besok didengarkanlah, Kapolrinya masih Pak Listyo Sigit” tegas Jokowi singkat ketika ditanya tentang pemanggilan perwira Polri tersebut dan tentang kinerja Polri belakangan ini yang banyak disorot karena banyaknya kasus seperti kasus Ferdy Sambo hingga Tragedi Kanjuruhan.

Jokowi menegaskan Polri masih bekerja keras membantu dan melayani seluruh masyarakat di wilayahnya masing-masing, dan masih jelas kepemimpinan di Polri adalah Pak Listyo. Diduga Jokowi membahas tentang sejumlah masalah tersebut dan memberi instruksi terkait pengamanan KTT G20 Bali yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, November 2022 ini.

Baca Juga : Jelang KTT G20 Bali, Kapolri: Jangan Sampai Ada Ledakan Sekecil Apapun