Pertegas Aturan, Iran Pasang CCTV Untuk Tangkap Wanita Tak Berhijab

Untuk mempertegas aturannya, kini Iran memasang CCTV di jalan-jalan untuk tindak pengawasan, bagi wanita yang tertangkap tidak memakai hijab akan diberi sanksi.

Pertegas Aturan, Iran Pasang CCTV Untuk Tangkap Wanita Tak Berhijab
Iran Pasang CCTV Untuk Tangkap Wanita Tak Berhijab. Gambar : Reuters/Dok. Nazanin Tabatabaeee/WANA

BaperaNews - Iran makin mempertegas aturan tentang berpakaian bagi kaum wanita. Iran melarang warga negara wanitanya tidak memakai hijab ketika keluar rumah. Hijab wajib dipakai dengan benar sesuai syariat islam.

Terbaru, kini terdapat kebijakan baru untuk mempertegas aturannya, Iran pasang CCTV di jalan-jalan untuk tindak pengawasan, bagi wanita yang tertangkap tidak memakai hijab akan diberi sanksi. Hal ini dilakukan untuk mencegah perlawanan aturan berpakaian. Usai diidentifikasi, para wanita tak berhijab akan diberi peringatan soal konsekuensinya.

Sejak kematian Mahsa Amini, wanita yang tewas karena ditahan polisi karena dianggap tidak memakai hijab dengan benar, banyak wanita di Iran melakukan protes besar-besaran hingga melepas hijab mereka.

Demo sempat membuat pecah negara itu, pasukan keamanan dan pengunjuk rasa saling serang. Mahsa Amini disebut oleh aparat tewas karena sakit jantung ketika di penjara. Namun keluarga menyebut Amini sama sekali tak pernah ada riwayat jantung.

Keluarga justru mendapat ada bekas kekerasan dan perdarahan di tubuh Mahsa Amini. Sebab itulah muncul dugaan aparat kepolisian yang telah lakukan kekerasan pada Amini hingga membuat Amini tewas.

Baca Juga : Penyebab Angka Kelahiran Singapura 2022 Turun

Meski ada resiko besar akan diberi sanksi dan ditangkap wanita tak berhijab di Iran, hingga saat ini masih banyak wanita bepergian tanpa hijab ke tempat umum seperti ke mall, restoran, hingga di jalan-jalan. Gambar para wanita tersebut diunggah di sebuah video dan beredar di media sosial Iran.

Iran memang mewajibkan wanita menutup aurat yakni menutup rambut, memakai baju panjang dan longgar, serta hijab. Pelanggar biasanya mendapat teguran, denda, hingga ditangkap. Pemerintah Iran menyebut “hijab ialah fondasi peradaban bangsa dan salah satu prinsip praktis Republik Islam”.

Arahan CCTV tangkap wanita tak berhijab di Iran ini dilawan secara terang-terangan, mereka merasa aturan berpakaian di Iran membuat mereka kehilangan kebebasan dalam berpakaian.

Meski banyak yang menyampaikan tuntutan, pemerintah Iran dengan tegas menyatakan tidak akan merubah kebijakannya. Siapapun yang melanggar akan diberi sanksi. Polisi setempat melakukan pengawasan secara langsung dengan patroli juga dari pemerintah Iran yang memasang CCTV.

Aturan Iran pasang CCTV ini terbilang rumit, memang dari segi agama hijab jadi kewajiban bagi umat muslim. Namun tidak sedikit pula wanita muslim yang tidak berhijab. Menurut mereka soal hijab menjadi urusan masing-masing, tak perlu harus diurus dan diatur oleh negara. 

Baca Juga : Amerika Beri Dukungan Untuk Israel Di Konflik Palestina