Mulai dari 5-7 September, Siswa di Jakarta Jalani PJJ

Menjelang acara ASEAN Summit 2023, para siswa di DKI Jakarta akan belajar secara daring atau online dengan sistem PJJ (pembelajaran jarak jauh) pada 5-7 September.

Mulai dari 5-7 September, Siswa di Jakarta Jalani PJJ
Mulai Dari 5-7 September 2023, Siswa di Jakarta Akan Terapkan PJJ. Gambar : Jakarta.akurat/Dok. Febyora Dr

BaperaNews - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi memutuskan memberlakukan sistem kerja WFH atau work home yakni bekerja dari rumah bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemprov DKI Jakarta dengan persentase 50:50 untuk mengurangi polusi udara dan melancarkan acara KTT ASEAN.

Selain WFH ASN, Heru juga memutuskan para siswa akan belajar secara daring atau online dengan sistem PJJ (pembelajaran jarak jauh) pada 5-7 September ketika pelaksanaan ASEAN Summit 2023.

Pemberlakukan PJJ bagi pelajar DKI Jakarta bertujuan untuk kurangi polusi udara, kemacetan, dan kepadatan lalu lintas selama dilaksanakannya KTT ASEAN.

PJJ pelajar DKI Jakarta tidak diterapkan selama 3 bulan ke depan seperti WFH ASN namun hanya ketika pelaksanaan KTT ASEAN. Hal ini merupakan langkah yang bisa dilakukan dalam waktu segera untuk atasi buruknya kualitas udara di Jakarta.

“Iya, PJJ untuk pelajar DKI Jakarta selama KTT ASEAN. PJJ pelajar DKI Jakarta tidak selama 3 bulan ya” kata Heru Budi pada Jumat (18/8).

Sebelumnya sempat ada rencana mengerahkan siswa-siswa untuk menyambut para tamu undangan KTT ASEAN Jakarta yakni pada 5-7 September 2023.

Baca Juga : Mulai 21 Agustus 2023, WFH Berlaku Bagi 50% ASN DKI Jakarta

Selain penyambutan tamu oleh para pelajar, rute lalu lintas juga disiapkan untuk memudahkan perjalanan tamu negara dari penginapan menuju tempat kegiatan KTT ASEAN.

“Ada rencana mengerahkan anak-anak sekolah untuk meriahkan acara menyambut kedatangan para delegasi di Jakarta. Ada sejumlah hal yang dibahas seperti mengatur rute lalu lintas untuk para delegasi dari hotel menuju venue. Ada pula kemeriahan di media luar ruang sehingga masyarakat bisa tersosialisasi dengan baik” pungkas Heru Budi.

Heru Budi telah laksanakan rapat koordinasi dengan Jenderal Kemenlu RI Cecep Herawan dan pejabat terkait lainnya untuk melancarkan dan mematangkan rencana pelaksanaan KTT ASEAN Jakarta 2023 serta mengurangi polusi udara.

Diharapkan dengan adanya WFH ASN dan PJJ pelajar DKI Jakarta bisa mengurangi kemacetan, memperlancar lalu lintas, dan membuat kualitas udara di Jakarta jadi lebih baik.

Pada intinya, kebijakan yang diterapkan Heru Budi untuk mengurangi polusi udara dan memperbaiki kualitas udara Jakarta ialah dengan sistem kerja WFH 50% bagi ASN Pemprov DKI Jakarta serta penerapan sistem belajar online bagi para pelajar DKI Jakarta selama 5-7 September 2023.

Baca Juga : Kurangi Polusi Udara, PJ Gubernur DKI Bakal Terapkan Aturan WFH