Mobil Patroli PJR Polda Metro Jaya Ditabrak Truk di Bahu Tol JORR

Mobil patroli PJR Polda Metro Jaya ditabrak truk di bahu jalan tol JORR.

Mobil Patroli PJR Polda Metro Jaya Ditabrak Truk di Bahu Tol JORR
Mobil Patroli PJR Polda Metro Jaya Ditabrak Truk di Bahu Tol JORR. Gambar : Dok/Detik.com

BaperaNews - Sebuah kecelakaan menimpa mobil patroli jalan raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya di bahu Jalan Tol JORR.

Saat berhenti, mobil patroli tersebut mendadak ditabrak truk dari belakang yang mengakibatkan dua polisi luka-luka ringan.

Sebagaimana diinformasikan oleh Kasat PJR Polda Metro Jaya, Kompol Sutikno, insiden ini terjadi saat mobil patroli sedang berhenti di bahu tol.

"Ditabrak sama truk, katanya ngantuk," ujar Sutikno pada Rabu (13/9).

Ia menambahkan bahwa dua anggotanya mengalami luka ringan karena, saat patroli, minimal terdapat dua anggota sehingga mereka tidak boleh sendirian.

Kejadian ini pun mendapatkan perhatian luas dari masyarakat, terlebih setelah video kecelakaan tersebut menjadi viral di media sosial.

Dalam video tersebut, tampak mobil patroli PJR Polda Metro Jaya mengalami kerusakan cukup parah di bagian belakang hingga samping. Kaca mobil pecah dan ban sisi kanan belakang terlihat tidak lurus, menandakan benturan yang cukup keras. 

Pengendara yang sering melewati jalan tol JORR seharusnya sadar betul mengenai aturan dan bahaya yang dapat terjadi jika melanggar peraturan.

Baca Juga : Kronologi Kecelakaan 3 Mobil Ringsek di Tanah Merah Bangkalan

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol, bahu jalan tol diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat.

Kendaraan tidak diperkenankan berhenti di sepanjang jalur bahu jalan kecuali dalam situasi darurat seperti gangguan lalu lintas, mogok, atau pekerjaan pemeliharaan.

Lebar bahu jalan tol memang terbatas dan hanya bisa digunakan sebagai jalur lalu lintas sementara atau darurat.

Kejadian seperti mobil patroli ditabrak, sebagaimana yang terjadi pada PJR Polda Metro Jaya, menunjukkan bahwa risiko kecelakaan sangat tinggi jika pengendara tidak patuh terhadap aturan tersebut.

"Jangan istirahat di bahu jalan tol karena ada risiko kena tabrak dari belakang," demikian saran dari pihak Toyota mengenai penggunaan bahu jalan.

Untuk mencegah kecelakaan serupa di masa mendatang, sangat penting bagi setiap pengendara untuk memahami dan mematuhi peraturan yang ada.

Menghindari penggunaan bahu jalan tol kecuali dalam situasi yang benar-benar darurat akan mengurangi risiko kecelakaan yang dapat merugikan banyak pihak. 

Baca Juga : Kecelakaan Maut di Lampung Tengah, Balita Merangkak Keluar dari Truk Ringsek