Mobil Hias Terbakar Saat Gelaran Akhir Jakarnaval

Mobil hias di akhir Gelaran parade mengalami kebakaran dengan api yang membesar dan cepat saat di Jakarta International E-Prix Circuit Ancol.

Mobil Hias Terbakar Saat Gelaran Akhir Jakarnaval
Mobil hias terbakar saat gelaran akhir Jakarnaval. Gambar : Zainur Mahsir/Republika

BaperaNews - Terjadi kebakaran pada satu mobil hias di akhir Gelaran parade mobil hias, marching band, dan tarian Jakarnaval yang diselenggarakan di Jakarta International E-Prix Circuit Ancol Jakarta pada Minggu (14/8).

Mobil hias yang terbakar tersebut ialah mobil yang terakhir muncul di karnaval, menampilkan kisah Ramayana dalam parade bertajuk “The Inferno Heart”.

Mobil terbakar pada pukul 18.30 WIB, tidak lama usai pertunjukkan diadakan di tribun penonton utama, sekitar 50 meter dari tribun utama. Api membesar dengan cepat dan membakar sebagian dekorasi di mobil hias tersebut.

Petugas bertindak sigap dan cepat, api bisa padam dalam waktu lima menit, panitia dibantu petugas pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api pada pukul 18.35 WIB. Sebagian besar penonton sudah keluar meninggalkan tribun ketika kebakaran terjadi pada mobil hias.

Tidak ada korban jiwa dan tidak ada kerusakan yang berat dari insiden kebaran mobil hias tersebut.

“Iya tadi ada kebakaran kecil dan sudah bisa ditangani dengan baik, tidak apa-apa” ujar Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza usai acara Jakarnaval.

Baca Juga : Seram Rollercoaster Saling Tabrakan, 34 Terluka Hingga Kritis

Kadin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata mengungkap mobil hias yang kebakaran terjadi karena ada percikan kembang api yang dipakai sebagai efek dalam parade.

“Ini bentuk kreativitas dari anak-anak kita dalam karya di mobil tersebut, ada semacam gimmick percikan api, kemungkinan itu yang mengakibatkan kebakaran terjadi” terangnya.

Namun petugas dan panitia yang bertanggung jawab dalam acara Jakarnaval bisa bekerja dengan baik dan cepat sehingga kebakaran kecil tersebut bisa ditanggulangi dan tidak menimbulkan korban jiwa.

“Alhamdulillah semua pihak yakni BPBD dan Gulkarmat langsung bertindak dan langsung terkendali, dan tidak ada korban” tandasnya.

Sebagai informasi Pemprov DKI Jakarta menggelar acara puncak Jakarnaval 2022 di Sirkuit International E-Prix Ancol sebagai bentuk apresiasi kepada pegiat ekonomi kreatif dan komunitas ibu kota lain yang telah bertahan dan bisa melewati masa sulit pandemi Covid-19.

Rangkaian kegiatan telah dimulai dari Jumat (5/8) di Pasar Seni Ancol dengan tema “Road to Jakarnaval” sedangkan puncak acara dilaksanakan pada Minggu (14/8).

Acara Jakarnaval diisi dengan sejumlah kegiatan menarik seperti parade kendaraan hias, marching band, drama musical, penampilan dari artis ternama, hingga aksi dari pegiat seni budaya Indonesia.