Malaysia Gratiskan Tol Saat Mudik Lebaran 2024

Pemerintah Malaysia menghadiahkan gratis tarif jalan tol selama dua hari pada 8 dan 9 April untuk pengguna kendaraan pribadi Kelas 1, dalam rangka menyambut Idulfitri. Baca selengkapnya di sini!

Malaysia Gratiskan Tol Saat Mudik Lebaran 2024
Malaysia Gratiskan Tol Saat Mudik Lebaran 2024. Gambar : soyacincau

BaperaNews - Pemerintah Malaysia memberikan kado istimewa bagi warganya yang merayakan Idulfitri tahun ini dengan memberlakukan program gratis tarif jalan tol saat mudik Lebaran.

Menteri Pekerjaan Umum, Datuk Seri Alexander Nanta Linggi, mengumumkan bahwa pemerintah telah menyetujui masa gratis jalan tol selama dua hari pada 8 dan 9 April bagi pengguna kendaraan pribadi Kelas 1 di jalan tol.

Program ini diumumkan dalam rangka menyambut perayaan Lebaran 2024. Pemerintah Malaysia mengalokasikan total 37,6 juta ringgit (sekitar Rp126,3 miliar) untuk menutupi biaya program gratis tol sehubungan dengan perayaan Idulfitri tahun ini, seperti yang diungkapkan oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Datuk Seri Ahmad Maslan.

Ahmad menyatakan bahwa sekitar 2,1 juta kendaraan diperkirakan akan menggunakan jalan tol setiap hari selama libur hari raya, terutama pada tanggal 5, 6, 9, 12, 13, dan 14 April 2024. Jumlah ini naik dibandingkan hari biasa yang hanya mencapai 1,82 juta kendaraan.

Baca Juga: Ini Ruas Jalan Tol Jasa Marga yang Gratis Saat Mudik Lebaran 2024

Untuk memastikan kelancaran lalu lintas selama musim perayaan, pengelola jalan tol akan mengerahkan lebih dari 4.500 personel di seluruh ekosistem jalan raya.

PLUS, pengelola jalan tol Malaysia, juga telah menyiapkan 70 staf pada jam sibuk harian di Pusat Pemantauan Lalu Lintas untuk memantau, mengumpulkan, dan menyebarkan informasi lalu lintas terkini serta mengoordinasikan bantuan kepada pengguna jalan raya.

Pengguna jalan tol juga disarankan untuk merencanakan perjalanan mereka menggunakan jadwal perjalanan digital yang tersedia di aplikasi MyPLUS-TTA. Dengan adanya program gratis tarif jalan tol, diharapkan masyarakat dapat merayakan Lebaran dengan lebih nyaman dan lancar.

Baca Juga: Terungkap CCTV Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Sebelumnya Truk Diduga Sempat Tabrak 2 Mobil