Mahasiswi Fikom Universitas Mercu Buana gelar Tugas Akhir Peduli Negeri How To Be A Podcaster

Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana menggelar Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN) dengan Tim Srikandi, memberikan pendampingan tentang podcasting kepada siswa SMK Budi Mulia.

Mahasiswi Fikom Universitas Mercu Buana gelar Tugas Akhir Peduli Negeri How To Be A Podcaster
Mahasiswi Fikom Universitas Mercu Buana gelar Tugas Akhir Peduli Negeri How To Be A Podcaster. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana menggelar kegiatan Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN), yang terdiri dari 3 anggota kelompok yaitu, Resti Surtika, Siti Muspiroh dan Puspa Alicia Salsabila yang diberi nama Tim Srikandi.

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kelompok srikandi mengadakan pendampingan kepada siswa dan siswi SMK Budi Mulia selama 2 bulan atau 8 pertemuan dan di akhir kegiatan di adakan penutupan Tugas Akhir Peduli Negeri dan podcast awards.

Di dalam kegiatan podcast awards tersebut, dilaksanakannya serangkaian acara seperti pembagian hadiah atau pelakat kepada beberapa pemenang dengan nominasi best content, best team, best editing serta best host.

Dengan mengangkat tema How To Be Podcaster, dalam 2 acara ini, siswa dan siswi dapat mengetahui seberapa kompeten dalam bidangnya masingmasing.

Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN) yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi persyaratan kelulusan dalam merih gelar sarjana, karena TAPN ini memberikan pendampingan tentang meningkatkan keahlian menjadi podcaster, sehingga dalam tim Srikandi jobdesc masing-masing.

Siti Muspiroh membahas penulisan naskah podcast, Resti Surtika membahas mengenai menjadi host Podcast, dan Puspa Alicia Salsabila memberikan materi videografi dan editing.

Selama kegiatan siswa sangat antusias mengikuti kegiatan yang dilakukan secara interaktif ini. Siswa memilih peminatan sesuai jobdesc yang mereka mau, dan dibentuk menjadi satu kelompok.

Lalu akan mengerjakan tugas yaitu membuat content, dari content tersebut menjadi penilaian dalam acara Penutupan Tugas Akhir Peduli Negeri dan podcast awards.

Penutupan Tugas Akhir Peduli Negeri dan podcast awards, digelar pada hari Selasa, 11 Juli 2023 di SMK Budi Mulia, kegiatan ini dihadiri 30 siswa dan siswi serta beberapa tokoh penting yaitu, Dosen Pembimbing 1 TAPN Dr. Suraya, M.Si, Dosen Pembimbing 2 TAPN Ibu Dewi Sad Tanti, M.I.Kom, Kepala Studio Tv dan Radio SMK Budi Mulia Bapak Miftha Fadfar Faqih, A.Md, Kajur PSPT Ibu Devi Suhailah, S.Kom. I, dan Neneng Risma Wulandari Selaku Narasumber.

Melalui acara Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN), siswa dan siswi SMK Budi Mulia dapat meningkatkan pengetahuan mereka, terutama dalam memahami pentingnya membuat konten podcast yang baik dan menarik.

Ini merupakan langkah awal dalam perjalanan mereka menjadi podcaster masa depan yang bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.