Kronologi Lengkap Kecelakaan Truk Tronton Balikpapan, Sopir Cuma Sendiri Alami Rem Blong

Sebelumnya kecelakaan truk tronton di Balikpapan menghebohkan dan viral di social media, kecelakaan tersebut terekam dengan jelas oleh cctv. Begini kronologi lengkapnya!

Kronologi Lengkap Kecelakaan Truk Tronton Balikpapan, Sopir Cuma Sendiri Alami Rem Blong
Lokasi Kejadian Kecelakaan Truk Tronton Di Balikpapan. Gambar: Tribunnews.com

BaperaNews - Kecelakaan truk tronton di Balikpapan menghebohkan dan viral, kecelakaan tersebut terekam dengan jelas oleh cctv, banyak beredar videonya di media massa dan media sosial. Dalam video yang beredar nampak sebuah truk tronton besar menabrak beberapa mobil dan motor secara beruntun hingga membuat kendaraan yang ditabraknya terlempar serta ada yang meledak, peristiwa naas ini pun memakan banyak korban baik tewas maupun luka berat.

Kejadian terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur, sopir truk Ali (47) ditetapkan sebagai tersangka, ia adalah sopir dari salah satu perusahaan yang sedang membawa muatan dari gudang, kondisi truk saat dikendarai dalam keadaan baik. Berikut kronologi terjadinya kecelakaan naas tersebut dari keterangan polisi.

-          Kamis 20 Januari 2022

Ali mengambil truk di gudang perusahaan pada kamis malam, tak ada masalah apapun saat truk dibawa. “Truk sudah dibawa sejak kamis malam oleh Ali dari gudang akan dibawa ke tempat loading barang, jadi sebenarnya waktu malam ga ada masalah” jelas Kombes Yusuf Sutejo, Kabid Humas Polda Kaltim Jumat 21 Januari 2022.

-          Jumat 21 Januari 2022 pukul 05.00 WITA

Ali mulai mengendarai truk tronton jam 05.00 WITA, dari Pulau Galang ke Balikpapan, selama perjalanan, truk berjalan normal, tidak ada masalah dalam pengereman dan lainnya. “Jadi satu jam perjalanan itu lancar ga ada masalah, rem truk dan semuanya baik” jelas Ali

-          Jumat 21 Januari 2022 jam 06.15 WITA

Kondisi truk tronton yang sebelumnya baik-baik saja mendadak berubah jadi petaka, tepat jam 06.15 WITA kecelakaan maut terjadi, truk yang dikemudikan Ali bermasalah saat lewat jalan menurun di Simpang Rapak Balikpapan, remnya tiba-tiba blong, ia tidak bisa mengendalikan laju truk.

Ali berupaya sekuat tenaga menghentikan truk yang terus melaju dengan persneling, namun sia-sia, truk masih saja melaju di jalan turunan tersebut. “Saya sudah berusaha kurangi kecepatan dengan mengganti persneling gigi ke rendah, tapi karena jalannya menurun dan saya bawa muatan berat sekitar 20 ton, truk jadi terus melaju tidak bisa saya kendalikan, blank meluncur begitu saja di jalan perempatan itu” kata Ali.

Yusuf menjelaskan, truk yang tak bisa dikendalikan karena remnya tiba-tiba blong itu pun akhirnya menuju perempatan lampu lalu lintas dan saat itu banyak kendaraan sedang berhenti karena sedang lampu merah.

Tanpa bisa dihentikan, truk tronton pun menabrak beberapa mobil dan motor yang sedang berhenti hingga membuat mobil dan motor terlempar serta ada yang meledak, truk abru berhenti setelah menabrak bundaran jalan yang ada di tengah perempatan.

Polisi langsung datang ke lokasi kecelakaan beserta para petugas kecelakan, tercatat ada 4 korban tewas di tempat dan 30 korban luka berat, beberapa korban ada yang luka ringan dan ada yang selamat. Ali pun kini menjadi tersangka, perwakilan dari perusahaan gudang juga akan dipanggil polisi terkait kemungkinan kelebihan beban yang dibawa truk Ali tersebut sehingga menyebabkan kondisi truk memburuk saat di perjalanan hingga membuat rem blong dan membuat kecelakaan maut.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Antara Truk Dengan Pengendara Mobil Dan Motor Di Lampu Merah Balikpapan